Gunakan Ban Standar Lebih Aman

722

Selain jenis, tanggal pembuatan ban pun harus diperhatikan. Jangan asal membeli ban murah, namun ternyata produksi atau tanggal pembuatannya sudah kedaluarsa, hal ini malah memiliki resiko tinggi dalam berkendara yang bakal mengancam nyawa dan keselamatan dari pengendaranya. “Umumnya umurnya 8 sampai 9 tahun, kalau sudah mendekati tanggal kadaluwarsa,mending jangan dibeli karena kompon dan karetnya terlalu keras sehingga ban mudah pecah ataupun sobek,” paparnya.

Selain itu, agar berkendara tetap aman dan nyaman , ada baiknya melalukan spooring serta balancing, serta cek kondisi keausan dari ban itu sendiri. Jika sudah gundul tentu harus diganti karena daya cengkram dari ban akan berkuang. Spooring sendiri harus dilakukan untuk merawat element yang ada pada kaki kaki, atau sebuah pelurusan, sehingga jika diterapkan pada mobil berarti usaha untuk meluruskan kembali kedudukan keempat roda mobil sesuai dengan kriteria dan tipe ban mobil. “Untuk balancing adalah menyeimbangkan putaran keempat roda mobil, karena jika tidak imbang ban bisa tergerus separuh atau bahkan laju mobil tidak bisa stabil,” jelasnya.

Biasanya spooring dilakukan setiap 10 ribu kilometer atau kendaraan timbul berbagai kendala misalnya kembang ban kedua roda depan mobil anda tidak sama tebal atau pengikisan permukaan ban tidak rata (tipis di salah satu pinggirnya) dan terjadi pada salah satu roda atau kedua duanya. Selain itu kembang ban pada salah satu roda belakang terjadi pengikisan tidak seimbang atau pada salah satu ban telah gundul tetapi ban yang lain masih bagus.

“Gajala lainnya adalah ketika mobil parkir ditempat yang datar, maka ada roda yang berdiri miring, namun sebelumnya pastikan tekanan angin pada roda belakang sama dan demikian juga tekanan angin pada roda depan. Selain itu roda belakang anda tidak lurus dengan roda depan pada posisi lurus ke depan, dan terakhir adala ketika roda belakang anda telah bergeser dari tempatnya semula baik kekiri maupun kekanan,” paparnya. (den/bas)