RADARSEMARANG.COM, SUKOHARJO – Aksi heroik bak film action terjadi kemarin siang di Perumahan Gumpang 2, Desa Gumpang, Kecamatan Kartasura. Adhi Dwi Arta, 33, dengan keberaniannya nekat melawan bandit berpistol yang menyatroni rumahnya.

Kejadian ini berlangsung sekitar pukul 11.30. Saat itu Adhi bersama istrinya Nurul Wulan Romadhon, 27, baru pulang memeriksakan kandungan dari Rumah Sakit Panti Waluyo, Solo. “Saya hamil tua, tadi pas periksa dokternya sedang ada pekerjaan lain. Karena kami tidak mau menunggu, kami putuskan pulang dan kembali lagi nanti sore,” ujar Nurul kepada koran ini ditemui di rumahnya kemarin sore.

Saat pulang inilah, Adhi merasakan ada yang aneh dari rumahnya. Ada orang mencurigakan keluar dan dalam rumah dengan posisi berboncengan. Melihat hal itu, spontan Adhi langsung memacu mobilnya dan mencegah dua maling tersebut kabur.

Lalu dia memegang salah satu pelaku berinisial SBN asal Semarang yang membonceng sepeda motor, lalu menariknya hingga jatuh terpelanting. Setelah maling tersebut jatuh, keduanya sempat baku hantam. Lantaran posisi pelaku semakin terdesak, rekannya yang sudah berada di atas motor langsung memerintahkan untuk menembak Adhi. “Bedil ndase wae (tembak kepala saja),” kata Nurul menirukan maling tersebut.

Melihat hal itu, Adhi kemudian bertindak cepat. Dia mengambil pistol yang dibawa SBN kemudian membuangnya ke sawah. Sampai saat ini pistol itu belum ditemukan. Setelah itu, satu pelaku bermotor tersebut kabur meninggalkan SBN.

“Maling yang pakai motor kabur, temannya yang berkelahi sama suami saya juga mau kabur. Tapi saya teriak maling akhirnya warga keluar dan dimassa,” jelasnya.