TAK ADA BOM : Tim Penjinak Bom (Jibom) Polres Magelang Kota memeriksa setiap sudut Kelenteng Liong Hok Bio, Jumat (9/2). (Agus Hadianto/Jawa Pos Radar Kedu)
TAK ADA BOM : Tim Penjinak Bom (Jibom) Polres Magelang Kota memeriksa setiap sudut Kelenteng Liong Hok Bio, Jumat (9/2). (Agus Hadianto/Jawa Pos Radar Kedu)

RADARSEMARANG.COM, MAGELANG – Puluhan anggota tim Penjinak Bom (Jibom) Kepolisian Resor Magelang Kota, menyisir Kelenteng Liong Hok Bio Jalan Alun-alun Selatan, Jumat (9/2). Sterilisasi ini sebagai langkah antisipasi menjelang perayaan Imlek di Kota Magelang.

Kapolres Magelang Kota AKBP Kristanto Yoga Darmawan mengatakan, petugas Jibom sengaja didatangkan untuk memastikan keamanan kelenteng untuk para jemaat yang hendak melakukan sembahyang. Tim Jibom secara teliti memeriksa satu per satu bagian kelenteng dengan alat pendeteksi logam.

”Kita menyisir tiap ruang di kelenteng, antara lain meja persembahan, meja jamuan, altar, sekitar rupang, hingga yang ada di luar, seperti tempat parkir, gerbang, tempat sampah, dan lain sebagainya. Hasilnya, tidak ada temuan benda mencurigakan,” kata Kristanto. Langkah sterilisasi sebagai titik fokus pihaknya dalam mengamankan kelenteng dan vihara hingga selesainya perayaan Cap Go Meh nanti.

Sementara, Kasubag Humas Polres Magelang Kota AKP Esti Wardiani menambahkan, sejauh ini sejumlah kegiatan telah digelar dalam mempersiapkan pengamanan perayaan Imlek. Salah satunya adalah operasi cipta kondisi di area publik, hotel, dan tempat-tempat hiburan lainnya.

”Razia rutin dilakukan untuk menciptakan suasana kondusif menjelang dan sesudah perayaan Imlek. Dengan adanya pengamanan secara ketat ini kami harap warga Tionghoa yang akan merayakan Imlek dan beribadah bisa tenang dan tidak khawatir,” papar Esti.

Esti memaparkan, sekitar 20-30 personel akan ditempatkan di Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Liong Hok Bio. “Pertimbangannya karena TITD Liong Hok Bio menjadi kelenteng yang terbesar di Kota Magelang,” jelasnya. (cr3/ton)