KARYA KREATIF : Kepala Balitbang Kota Magelang Arif Barata Sakti memberikan sosialisasi Krenova Tahun 2018. (PUPUT PUSPITASARI/RADAR KEDU)
KARYA KREATIF : Kepala Balitbang Kota Magelang Arif Barata Sakti memberikan sosialisasi Krenova Tahun 2018. (PUPUT PUSPITASARI/RADAR KEDU)

RADARSEMARANG.COM, MAGELANG – Badan Pengembangan dan Penelitian (Balitbang) Kota Magelang kembali mengadakan lomba Kreasi dan Inovasi (Krenova). Ada 9 kategori yang diperlombakan. Yakni bidang agribisnis dan pangan; energi kehutanan dan lingkungan hidup; kesehatan; obat-obatan kosmetika. Kemudian, bidang pendidikan; rekayasa teknologi dan manufaktur; kerajinan dan industri rumah tangga; serta bidang sosial.

“Kami targetkan 40 kreator mengikuti ajang ini,” kata Kepala Balitbang Kota Magelang, Arif Barata Sakti, Jumat (9/2).

Ia menjelaskan, kegiatan ini bertujuan menumbuhkan peran masyarakat dalam penelitian yang memberikan dampak pada pembangunan dan kemajuan kota. “Tentunya, dari karya ini, akan diarahkan Balitbang untuk menjadi produk yang dikomersialkan, sehingga menjadi usaha yang bisa menyerap tenaga kerja,” tambahnya.

Kasubbid Penguatan dan Harmonisasi Inovasi, Balitbang Kota Magelang, Misrun menambahkan, saat ini pihaknya telah melakukan sosialisasi kepada warga. Sedangkan pendaftaran lomba akan dibuka hingga 6 Maret mendatang. “Batas waktu penyerahan proposal 9 Maret mendatang,” ujarnya. (put/ton)