Cuaca Buruk, Nelayan Percantik Kapal

263
SALURAN BAKAT: Nelayan di Kelurahan Bandengan Kendal, mewarnai kapalnya dengan beraneka ragam warna dan gambar. (BUDI SETYAWAN/JAWA POS RADAR SEMARANG)
SALURAN BAKAT: Nelayan di Kelurahan Bandengan Kendal, mewarnai kapalnya dengan beraneka ragam warna dan gambar. (BUDI SETYAWAN/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM, KENDAL—Cuaca ekstrem membuat ratusan nelayan di Kelurahan Bandengan, Kota Kendal, tak berani melaut. Sejumlah nelayan pun mengisi waktu dengan melukis di lambung kapal.

Tidak sembarang melukis atau mewarnai, namun nelayan ini mencoba menghias perahunya sebagus dan semeriah mungkin. Jika biasanya perahu- perahu ini hanya bertuliskan nama perahu kini mereka sudah berani memberikan gambar sebagai penghias.

Ahmad Kosim misalnya, rela berendam di dermaga pelabuhan untuk bisa melukis gambar pada perahunya. Dengan menggunakan cat khusus, Ahmad dibantu temannya melukis ornamen beraneka warna.

“Biasanya cuma nama di kapal tapi sekarang coba dikasih gambar beraneka warna. Yang penting meriah. warna warni mumpung ada lomba dan hadiahnya menarik,” katanya, kemarin (9/2).

Hal serupa dilakuakn Suroto, nelayan Bandengan lainnya. Ia menghias perahunya dengan gambar elang. Cat yang digunakan memang berbeda dengan cat kayu atau besi pada umumnya, nelayan menggunakan cat yang tahan korosi khususnya di bagian bawah untuk mencegah parasit laut menempel pada perahu.

Lomba mewarnai dan melukis perahu ini dilaksanakan saat musim paceklik sehingga nelayan tidak terganggu dengan aktivitas melautnya. Masa paceklik biasanya digunakan nelayan untuk merawat dan memperbaiki perahu, sebelum nantinya digunakan untuk mencari ikan. (bud/zal)