RADARSEMARANG.COM, MAGELANG – Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) terancam tidak ikut Pemilu 2019 di Kota Magelang. Partai yang didirikan oleh mantan Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso ini satu-satunya partai yang tidak lolos verifikasi KPU Kota Magelang. Sementara Partai Nasdem, PKB, PKS, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai Gerindra, Partai Demokrat, PAN, PPP, Partai Hanura, PBB, Partai Garuda, PSI, Partai Berkarya, dan Partai Perindo dinyatakan memenuhi syarat.

“PKPI terganjal syarat keanggotaan yang kami verifikasi. Untuk verifikasi lainnya, PKPI sudah memenuhi syarat namun hanya satu poin yang tidak memenuhi syarat,” papar Ketua KPU Kota Magelang Basmar Perianto Amron, Kamis (8/2).

Sebenarnya KPU sudah memberikan kesempatan untuk pengurus PKPI Kota Magelang melengkapi kekurangan data saat verifikasi awal. Tapi hingga batas waktu terakhir, PKPI tidak menyerahkan tambahan data.

Namun demikian, Basmar mengatakan, kepesertaan PKPI akan ditentukan dengan hasil verifikasi secara provinsi dan nasional. Sebab dalam perhitungan syarat kepesertaan parpol di Provinsi, harus dinyatakan lolos dengan jumlah minimal 75 persen dari 35 Kabupaten/Kota. “PKPI paling tidak harus dinyatakan memenuhi syarat di 27 Kabupaten/Kota di Jawa Tengah,” jelasnya.

Terpisah, KPU Kabupaten Temanggung menyatakan 16 parpol yang mengikuti verifikasi, seluruhnya memenuhi syarat. “Awalnya, saat masa verfak dari tanggal 30 Januari-1 Februari yang lolos 14 parpol. Lalu dua parpol yang belum lolos, PKPI dan PBB menyusul saat masa perbaikan di tanggal 3-5 Februari,” ucap Komisioner KPU Kabupaten Temanggung Divisi Hukum Yami Blumut.

Yami menjelaskan, verfak di antaranya domisili/keberadaan kantor minimal 2 tahun sampai pelaksanaan pemilu legislatif dan presiden selesai, kepengurusan tingkat kabupaten, kuota keterwakilan perempuan harus minimal 30 persen dan anggota partai yang harus minimal tersebar di setengah dari jumlah kecamatan.