Pemberian TPP akan Diperketat

232

RADARSEMARANG.COM, KENDAL – Sekda Kendal, Mohammad Toha memastikan pemberian Tunjangan Penghasilan Pegawai (TPP) kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) atau PNS di Kendal akan diperketat. Tidak hanya absensi saja, tapi nantinya akan diintegrasikan dengan kinerja di masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tempat ASN bekerja.

Demikian dikatakan Sekda Kendal dalam Sosialisasi Pengukuran Kinerja Untuk Pemberian TPP dengan menggunakan aplikasi Simpok di ruang Operation Room (OR) Kantor Bupati Kendal. Dengan aplikasi simpok ini, nantinya ukuran kinerja untuk pemberian TPP akan terpantau dengan baik.

Sebab aplikasi ini menggunakan sistem yang terintegrasi lewat IT (Informasi Teknologi). Aplikasi Simpok ini menurutnya dapat mengukur kinerja berdasaran proses kerja yang telah dicapai. Dimana masing-masing OPD dapat mengukur kinerja di OPD mulai dari bagian atau bidang dan seksi.

Sedangkan pemantauan kinerja sendiri dilakukan berdasarkan pada program kerja yang telah disusun di masing-masing OPD yang telah ditetapkan dalam APBD. Dimana akan nampak progres dari penyerapan anggaran melalui program yang akan disinkronkan dengan anggaran yang tersedia di keuangan daerah.

“Jadi tidak dapat dimanipulasi datanya. Jika ada manipulasi pasti akan ketahuan, karena tidak sinkron antara progres program yang telah dijalankan dengan penyerapan anggaran. Jadi semua terpantau, sampai pada tingkatan staf akan terpantau berdasarkan program kerja,” tandasnya.

Makanya Sekda Toha meminta agar semua OPD memahami alur kegiatan dan mampu menerapkannya untuk menentukan nilai kinerja sebagai dasar besaran pemberian TPP di masing – masing OPD. “Disinilah  pentingnya kontrol dari atasan kepada bawahan. Jadi Kepala OPD atau Kepala Dinas harus mengetahui betul tahapan dari semua perencanaan. Sebab dengan sistem ini satu sama lain di OPD itu akan saling berkaitan. Jika salah satu tidak baik, maka sampai atas juga akan mendapatkan penilaian buruk,” tegasnya. 

1
2
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here