Kursi DPRD Salatiga Tak Ada Perubahan

570

RADARSEMARANG.COM, SALATIGA – Jumlah penduduk Salatiga sesuai keputusan KPU No 13 Tahun 2018 yakni sebesar 186.859 jiwa, sehingga dari jumlah penduduk itu dari kursi DPRD Salatiga untuk tahun 2019 tidak ada perubahan, tetap 25 kursi.

Hal itu diungkapkan Ketua KPU Salatiga Putnawati saat rapat koordinasi yang dihadiri stakeholder dan perwakilan Parpol, Rabu (7/2) kemarin.  “Kami membuka kesempatan luas kepada semua lapisan masyarakat untuk memberikan masukan terkait penataan dapil dan Alokasi Kursi untuk Pemilu Tahun 2019 mendatang. Silahkan, jika ada usul model lain,” jelasnya.

Sejauh ini, rumus yang digunakan untuk penataan Dapil dan alokasi Kursi itu yakni bilangan pembagi penduduk. Dikatakan Putnawati,  waktu KPU menerima masukan dari masyarakat terkait penataan dapil sudah terjadwal yakni dari tanggal 7-13 Februari 2018.  Dikatakannya, proses penghitungan alokasi kursi sesuai aturan main sudah diatur dalam UU No 7 Tahun 2017.

Lebih jauh dia menjelaskan, KPU Salatiga masih akan melakukan tahapan berikutnya yakni uji publik apakah ada masukan hasil pencermatan dalam beberapa hari ke depan pada partai politik.  Jika KPU Kota Salatiga diketahui salah menjumlah, salah membagi atau dalam satu Kecamatan di Salatiga jumlah penduduknya tidak sama masih terbuka revisi.

Sementara, Komisioner KPU Kota Salatiga Divisi Pemantauan, Penghitungan Suara dan Informasi Djayusman Junus menjelaskan untuk saat ini KPU Salatiga mencatat simulasi penyusunan Dapil dan Alokasi Kursi berdasarkan DAK2 dengan jumlah penduduk 186.859, jumlah kursi 25 dan BPPD sebanyak 7.474 untuk masing-masing kecamatan di Salatiga yakni, Kecamatan (Dapil) Argomulyo dengan jumlah penduduk 47.754, aloksi kursi 6, sisa penduduk 2.910, peringkat sisa penduduk sebanyak 4 jiwa, aloksi sisa kursi 0 dan aloksi kursi 6.