Arimurti Hendro Wardani (Ahsan fauzi/radar kedu)
Arimurti Hendro Wardani (Ahsan fauzi/radar kedu)

RADARSEMARANG.COM, TEMANGGUNG – Bupati Temanggung Bambang Sukarno dan Wakil Bupati Irawan Prasetyadi bersiap menghadapi perhelatan Pemilihan Bupati (Pilbup) Temanggung 2018. Keduanya sudah menyampaikan surat cuti selama kampanye kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat.

“Petahana Bupati Temanggung Bambang Sukarno telah menyampaikan surat cuti pada 1 Februari 2018 ke kami. Surat cuti tertanggal 29 Januari 2018 tersebut ditandatangani langsung oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo,” kata Komisioner KPU Kabupaten Temanggung Divisi Teknis Arimurti Hendro Wardani, Rabu (7/2).

Ari melanjutkan, Irawan Prasetyadi juga telah menyampaikan surat cuti ke KPU. “Keduanya mengajukan cuti selama masa kampanye, mulai 15 Februari 2018 hingga 23 Juni 2018 mendatang,” ucapnya.

Terpisah, Bambang mengaku sudah menyampaikan surat cuti untuk kampanye ke KPU begitu mendapat persetujuan dari gubernur. “Beberapa waktu lalu saya menyampaikan permohonan cuti untuk kampanye pada Pilkada 2018 kepada gubernur Jateng, begitu SK cuti dari gubernur turun, langsung kami sampaikan ke KPU Kabupaten Temanggung,” ucapnya.

Mulai awal pekan ini, ia sudah tidak tinggal di rumah dinas Bupati. “Barang-barang milik pribadi yang berada di rumah dinas bupati sudah kami ambil untuk dipindahkan ke rumah pribadi,” katanya.

Selama masa cuti, mobil dinas, pengawalan serta semua fasilitas negara yang terkait jabatan bupati juga dilepaskan. Karena kedua pucuk pimpinan maju bersaing dalam Pilbup, maka jabatan bupati akan diampu oleh pelaksana tugas (plt) yang ditunjuk oleh Gubernur Jawa Tengah.

“Siapa orang yang ditunjuk Gubernur, sejauh ini saya belum diberi tahu. Yang jelas, nanti ada pejabat yang ditunjuk gubernur untuk menjabat bupati selama saya cuti,” jelasnya. (san/ton)