355 KK Sempat Terisolasi, Ratusan Warga Kerja Bakti

240
LONGSOR : Ratusan warga Kandangserang bersama Polres Pekalongan dan Kodim 710, melakukan kerja bakti membuka jalan di Desa Bodas Klasem, Rabu (7/2) kemarin. (TAUFIK HIDAYAT/JAWA POS RADAR SEMARANG)
LONGSOR : Ratusan warga Kandangserang bersama Polres Pekalongan dan Kodim 710, melakukan kerja bakti membuka jalan di Desa Bodas Klasem, Rabu (7/2) kemarin. (TAUFIK HIDAYAT/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM, KAJEN – Hujan deras yang mengguyur wilayah Kecamatan Kandangserang, Kabupaten Pekalongan selama 2 hari Senin-Selasa (5-6/2), menyebabkan bencana longsor. Jalan utama Desa Bodas Klasem menuju Kantor Pemerintahan Kecamatan Kandangserang pun terputus, akibatnya sebanyak 355 kepala keluarga (KK) di Desa Bodas sempat terisolasi.

Prihatin atas musibah tersebut, Bupati Pekalongan, Asip Kholbihi bersama tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), PMI Kabupaten Pekalongan, Polres Pekalongan, Kodim 710 Pekalongan dan ratusan warga desa setempat, melakukan kerja bakti untuk membuka jalan, Rabu (7/2) kemarin.

Edi Adelia, 34, PNS UPT Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Kandangserang mengungkapkan bahwa telah terjadi longsor susulan beberapa kali sehingga jalan sepanjang 500 meter menuju Kecamatan Kandangserang tertutup longsor. Akibatnya, para pelajar di sekitar Desa Bodas Klesem tetap berangkat ke SMP Satu Atap, meski terlambat karena jalan yang dilalui sangat sulit dan berbahaya. Itupun harus melalui perkebunan milik warga, bukan jalan umum.

“Longsornya Senin (5/2) malam, ada 355 KK di Desa Bodas Klesem yang sempat terisolasi, karena tidak bisa ke pusat pemerintahan dan ke pasar di Kecamatan Kandangserang. Semoga hari ini, jalannya sudah bisa dibuka,” ungkap Edi.

Sementara itu, Kepala BPBD Kabupaten Pekalongan, Bambang Sudjatmiko, mengatakan bahwa akses jalan dari Desa Bodas Klesem menuju Kecamatan Kandangserang, mulai Rabu sore (7/2) kemarin, sudah bisa dilalui kendaraan roda empat, namun harus ektra hati-hati karena kondisi jalan sangat licin.

Sedangkan pihaknya bersama PMI, Polsek Kandangserang Polres Pekalongan, Koramil Kandangserang dan ratusan warga melakukan kerja bakti untuk membuka jalan tersebut. “Warga Desa Bodas Klasem telah mendapatkan bantuan sembako dari BPBD. Kami perkirakan, mulai besok keadaan sudah kembali normal. Apalagi Pak Bupati sudah langsung menuju lokasi longsor,” kata Bambang. (thd/ida)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here