Cermati Manual Pengisian PDSS

435
SOSIALISASI : Humas Untidar Magelang Kusumo Wardani menjelaskan prosedur penerimaan mahasiswa baru kepada ratusan perwakilan SMA sederajat, Selasa (6/2). (Agus Hadianto/Jawa Pos Radar Kedu)
SOSIALISASI : Humas Untidar Magelang Kusumo Wardani menjelaskan prosedur penerimaan mahasiswa baru kepada ratusan perwakilan SMA sederajat, Selasa (6/2). (Agus Hadianto/Jawa Pos Radar Kedu)

RADARSEMARANG.COM, MAGELANG – Ratusan perwakilan dari SMA/MA/SMK sederajat di wilayah Eks Kedu, Cilacap, Salatiga dan Kartasura mengikuti sosialisasi penerimaan mahasiswa baru di Auditorium Untidar, Selasa (6/2). Dalam sosialisasi tersebut dipaparkan tentang Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2018.

“Fokus utama pada saat ini adalah pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) yang merupakan syarat utama pendaftaran SNMPTN,” kata Ketua Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Untidar Nuwun Priyono.

Nuwun menjelaskan, SNMPTN adalah pola seleksi nasional berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor, serta portofolio akademik. Masa pengisian dan verifikasi PDSS berlangsung mulai 13 Januari hingga 10 Februari 2018 secara online.

Dosen FKIP Untidar Farikah menjelaskan, tersedia 2 fitur dalam pengisian PDSS yaitu fitur normal dan fitur khusus. “Fitur khusus meliputi input data siswa cuti, pertukaran pelajar dan pindahan sekolah. Fitur ini baru diselenggarakan tahun ini, maka itu diimbau para operator atau guru mencermati manual panduan pengisian PDSS agar tidak terjadi kesalahan yang merugikan siswa atau sekolah,” jelas Farikah.

Sementara, Humas Untidar Kusumo Wardani menjelaskan, jalur SBMPTN sangat berbeda dengan SNMPTN sebab mengacu pada nilai hasil Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) dan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) atau kombinasi hasil ujian tulis dan ujian keterampilan. “SNMPTN dan SBMPTN dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia,” kata Dani. (cr3/ton)