Pelajar Jadi Sasaran Pasar Pil Koplo

1020
SASAR PELAJAR : Tersangka pengedar pil koplo saat digelandang di Mapolres Temanggung, Senin (5/2). (AHSAN FAUZI/JAWA POS RADAR KEDU)
SASAR PELAJAR : Tersangka pengedar pil koplo saat digelandang di Mapolres Temanggung, Senin (5/2). (AHSAN FAUZI/JAWA POS RADAR KEDU)

RADARSEMARANG.COM, TEMANGGUNG – Petugas Sat Narkoba Polres Temanggung berhasil menangkap pengedar pil dobel L atau biasa disebut pil koplo. Pelaku yang diamankan adalah Septian Nugroho, 27, alias Tian, warga Kampung Jetis RT 04 RW 01 Kelurahan Butuh Kecamatan Temanggung. Tian dibekuk petugas di rumah kontrakanya di Lingkungan Kertosari Kelurahan Kertosari Temanggung usai melakukan transaksi, Kamis (1/2) malam.

Wakapolres Temanggung Kompol Prawoko menyatakan, pengungkapan itu bermula dari adanya laporan masyarakat. Tian yang tinggal Kertosari dilaporkan kerap menjual pil koplo. Mendapatkan informasi tersebut, tim Sat Narkoba Polres Temanggung diterjunkan untuk melakukan pengintaian.

”Kami terus mengawasi gerak-gerik dan terus membuntuti langkah Tian, kita datangi rumah kontrakannya. Saat kami geledah, ternyata benar, kami menemukan obat-obatan terlarang yang disembunyikan tersangka di bawah almari pakaian,” ucap Prawoko saat gelar perkara di Mapolres Temanggung, Senin (5/2).

Dari almari tempat menyimpan obat tersebut, petugas mengamankan 806 butir pil warna putih dengan logo dobel L atau jenis obat trihexyphenidyl. “Tersangka hanya pasrah saat kami amankan, kini yang bersangkutan meringkuk di tahanan Mapolres Temanggung untuk mempertanggungkan perbuatanya,” ucapnya.

Selain ratusan butir pil double L yang sudah dikemas dalam bentuk paket siap jual, petugas juga mengamankan sebuah telepon genggam merek Xiaomi, uang tunai sebanyak Rp200 ribu dari hasil penjualan, sebuah sepeda motor merek Honda Beat dengan nomor polisi AA 4560 YN.

“Tiap satu paket berisi 10 butir. Tiap satu paket dijual Rp30 ribu,” terang Prawoko.