Tarif PDAM Naik 40 Persen

194
Direktur PDAM Demak, Qumarul Huda. (Wahib Pribadi/Jawa Pos Radar Semarang)
Direktur PDAM Demak, Qumarul Huda. (Wahib Pribadi/Jawa Pos Radar Semarang)

RADARSEMARANG.COM, DEMAK – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Demak segera menaikkan tarif air bagi semua pelanggan. Rata rata naik 40 persen, termasuk untuk industri, instansi pemerintah maupun rumah tangga. Sedianya, kenaikan tarif diberlakukan mulai Maret nanti.

Menurut Direktur PDAM Demak, Qumarul Huda, kenaikan tarif tidak bisa dihindari. Sebab, semua bahan baku mengalami kenaikan. Tarif dasar listrik (TDL) juga naik tajam. Kenaikan tarif ini untuk menutup biaya produksi yang makin membengkak akibat bahan baku dan TDL tersebut naik.

“Sudah 4 tahun ini, kita tidak naikkan tarif. Saat ini, waktu yang tepat untuk menaikkan tarif. Kita lihat inflasi naik, bahan baku naik dan TDL pun ikut naik. Dengan kenaikan tarif ini, diharapkan PDAM dapat mendistribusikan air ke pelanggan dengan lancar,” ujarnya.

Sekarang ini, PDAM juga sedang gencar gencarnya mengembangkan usaha sehingga butuh dana lebih banyak untuk investasi.

Qumarul Huda menambahkan, upaya menaikkan tarif ini sebelumnya telah dilakukan kajian mendalam. Apalagi, tarif juga masih terjangkau pelanggan berpenghasilan rendah. Kenaikannya tidak lebih 4 persen dari upah minimum provinsi (UMP). Dengan begitu, rasa keadilan tetap terjaga.

Menurutnya, berdasarkan rencana yang ada, untuk pemakaian air bagi industri, tarif lama sebesar Rp 5.000 akan naik menjadi Rp 7.000. Kemudian, untuk instandi pemerintah dari Rp 4.500 naik menjadi Rp 6.300. Sedangkan, untuk rumah tangga 1, khususnya pemakaian dari 0 sampai 10 meterkubik, maka tarif lama Rp 1.400 akan naik menjadi Rp 1.960.

1
2
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here