Jadi Motivator Pengusaha Muslim, Siswa SD Hingga Lurah

Edmi Istifaryadi,  Mahasiswa UIN Walisongo yang Jadi Motivator dan Penulis Buku

371
PERCAYA DIRI: Edmi Istifaryadi menjadi motivator di hadapan para pengusaha muslim. (DOKUMEN PRIBADI)
PERCAYA DIRI: Edmi Istifaryadi menjadi motivator di hadapan para pengusaha muslim. (DOKUMEN PRIBADI)

RADARSEMARANG.COM – Edmi Istifaryadi tercatat sebagai mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang. Namun ia juga menjadi seorang trainer motivasi dan penulis buku. Seperti apa?

SITI QONIATUN NI’MAH

POSTURNYA tinggi kurus. Jika mengenakan pakaian biasa, orang pasti tak percaya, jika mahasiswa Jurusan Bimbingan dan Penyuluhan Islam UIN Walisongo Semarang ini seorang motivator. Namun begitu mengenakan jas dan berbicara di depan audiens, pria kelahiran 26 April 1992 ini sangat meyakinkan.

Ya, itulah Edmi Istifaryadi. Di sela kuliah, Edmi –sapaan akrabnya—menjadi seorang trainer of motivator. Ia men-training self development (pengembangan diri) dan public speaking. Ia mengajak orang bangkit dan sukses.

Edmi mengaku mulai menggeluti bidang tersebut sejak kuliah semester 1. Berawal saat ia bergabung di Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) musik UIN Walisongo. Namun berjalan waktu, ia merasa tidak menemukan kenyamanan di UKM tersebut. Sebab, UKM musik tidak sinkron dengan jurusan yang diambil.

“Hingga akhirnya teman saya menawari masuk ke UKM Korp Dakwah Islam (Kordais). Di dalamnya terdapat beberapa pelatihan, seperti khithobah, rebana, tahfidz Alquran, baca kitab klasik (kuning, Red), dan lain-lain.  Akhirnya, saya bergabung di UKM Kordais Divisi Khithobah,” ceritanya.

Setelah masuk UKM tersebut, ia dilatih khithobah (ceramah, Red) kali pertama oleh Fuad Rizki. Namun beberapa kali ikut pelatihan, Edmi merasa tidak cocok untuk mengisi ceramah. “Saya merasa fashion saya itu menjadi seorang motivator. Akhirnya, Mas Fuad menyuruh saya untuk lebih mendalami cara-cara menjadi motivator,” kenangnya.