Ahmad Fadholi (Nur Wahidi/Jawa Pos Radar Semarang)
Ahmad Fadholi (Nur Wahidi/Jawa Pos Radar Semarang)

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG—Pedagang Kaki Lima (PKL) merupakan penyangga perekonomian nasional. Dalam jumlah besar dapat mendapatkan penghasilan yang digunakan untuk kesejahteraan keluarga dan bisa dikatakan sebagai pertumbuhan ekonomi.

“Ini bukan suatu beban baik pemerintah maupun masyarakat karena mereka (PKL,Red) bisa hidup dengan sendirinya,” kata anggota DPR, Ahmad Fadholi usai seminar kebangsaan dengan tema Optimaliasi peran ekonomi lemah dan PKL dalam penegakan ekonomi untuk mendukung ketahanan pangan di aula SMK N 7 Semarang, kemarin.

Fadholi akan melakukan pendampingan kepada PKL, sehingga usahanya menjadi berkembang dan mampu bersaing dengan berbagai pihak. “Pendampingan itu bisa saja melalui pelatihan mulai dari pembuatan sampai dengan manajemen pengelolaan,” imbuhnya.

Selama ini, lanjut Legislator dari Fraksi Nasdem ini, masih banyak PKL yang belum tertata. Seperti masalah penataan lapak yang kurang bagus. “Selama ini penataan dilakukan semena mena oleh petugas, dengan cara mengangkut dagangannya. Oleh karena itu perlu pendampingan agar tidak terjadi hal seperti itu,” imbuhnya.

Ketua Asosiasi PKL Kota Semarang, Supriyadi mengatakan selama ini pemerintah hanya memindahkan tetapi belum bisa memberikan tempat yang layak bagi PKL. Untuk itu pihaknya meminta agar ada penyelesaian masalah etrsebut. “PKL itu selalu dikejar-kejar dan akan dipindahkan tetapi belum ada tempat yang layak,” katanya. (hid/sct/zal)