GAMPANG DIPADUPADAN : Banyaknya warna pilihan mudah dipadupadankan dengan berbagai busana. (NURUL PRATIDINA/JAWA POS RADAR SEMARANG)
GAMPANG DIPADUPADAN : Banyaknya warna pilihan mudah dipadupadankan dengan berbagai busana. (NURUL PRATIDINA/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM – Turki, salah satu negara dengan akar Islam yang cukup kuat ini belakangan kembali memberikan pengaruh pada perkembangan industri fashion Indonesia, khususnya pada tren fashion muslim.

Jilbab Turki salah satunya. Kerudung ala Turkish Style yang tergolong cukup simpel ini memudahkan dalam pengaplikasiannya. Meski demikian, kekhasan material yang berasal dari bahan satin atau silk menjadikannya terlihat tetap stylish.

“Film-film Turki sekarang sedang banyak ditonton di Indonesia, style jilbabnya pun ikut menjadi tren. Karena memang cukup stylish dan pemakaiannya juga tidak ribet, sama dengan jilbab-jilbab konvensional yang sebelumnya sudah hadir di Indonesia,” ujar Regional Sales Manager Rabbani Jawa Tengah, M Eko.

Motif-motif yang dihadirkan pun cukup beragam. Mulai dari motif floral yang memberikan nuansa feminim dengan ditunjang warna-warna soft. Kemudian motif landscape yang cukup unik, hingga beberapa corak lainnya. “Salah satu yang cukup khas dan sedang populer adalah motif tetra, dengan berbagai warna pilihan untuk dipadu padan dengan busana yang akan dikenakan,” ujarnya.

Ya, karena pengaplikasiannya tergolong cukup simpel, kerudung ala Turkish Style ini juga cukup mudah untuk dipadupadankan dengan berbagai busana muslim. Mulai dari busana jenis tunik, gamis, abaya maupun lainnya.

“Karena biasanya jilbab Turki ini sudah penuh dengan motif, maka untuk busana bisa bermain dengan  dua warna senada, atau dipadukan dengan warna lain namun polos atau tidak penuh dengan motif. Sehingga tampilan tetap elegan,” ujarnya.

Sedangkan untuk busana, lanjutnya, maxi dress dengan sentuhan nuansa batik juga mulai kian diminati. Aksen batik dengan corak-corak pilihan dalam maxi dress menjadikan tampilan terlihat lebih feminim tanpa menghilangkan kesan elegan.

Dress masih tetap menjadi unggulan. Hanya saja sekarang model-model yang simpel yang lebih banyak dicari, agar tampilan tidak terlalu datar maka aneka maxi dress tersebut dibalut oleh sentuhan corak-corak batik,” ujarnya.

Begitu juga dengan busana untuk pria. Baju koko maupun kemeja dengan paduan corak batik pada salah satu sisi menjadi pilihan untuk berbagai acara, baik formal maupun acara santai. (dna/ric)