16 Klub Turun di SFL U-19

1266
BAKAL SENGIT: Gelaran SFL U-19 2018 resmi digelar di GOR Patriot Semarang kemarin. (BASKORO SEPTIADI/JAWA POS RADAR SEMARANG)
BAKAL SENGIT: Gelaran SFL U-19 2018 resmi digelar di GOR Patriot Semarang kemarin. (BASKORO SEPTIADI/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Sebanyak 16 klub dipastikan berkompetisi di ajang Semarang Futsal League (SFL) U-19 2018 yang mulai digelar 3 Februari kemarin di GOR Patriot Kodam IV Diponegoro Semarang.

Panitia SFL U-19 2018, Imam Wahyudi mengatakan peserta kompetisi ini adalah klub amatir yang sudah terverifikasi setelah melakukan pendaftaran. Adapun pendaftaran sudah dilakukan mulai 26 Desember 2017 hingga Januari 2018 kemarin.

”Para pegiat futsal di Kota Semarang ingin menghidupkan lagi kompetisi yang dulu pernah berjalan di 2016 dengan nama SFL U-21. Di tahun ini SFL kembali lagi dengan membidik pemain usia 19 tahun agar ada pembibitan atlet usia muda di Kota Semarang dan sekitarnya,” kata Imam.

SFL kali pertama diadakan Februari dua tahun silam. Saat itu ada 14 tim yang berpartisipasi. AM Shiba Alzio Academy keluar sebagai juara setelah mengalahkan Bagoes FC Ungaran dengan skor 5-2 di GOR Jatidiri Semarang, 8 Februari 2016.

Namun sayang kedua klub ini pada tahun ini tidak ikut berpartisipasi. Tercatat hanya lima alumni SFL 2016 yang kembali ikut serta. Mereka yakni Jatidiri Muda, Atlas Muda Academy, F45T FC, Venus Academy dan Syifa Jaya Demak.”Klub-klub lokal yang ikut serta dalam kompetisi ini ada 11. Sementara dari luar Kota Semarang ada lima,” lanjut Imam.

Klub tuan rumah yang dimaksud yakni AD Astra, Atlas Muda Academy, Bintama, Bintang Lima, Cahs Hamas, F45T FC, Jatidiri Muda, LTD, PCKG FA, Tunas Muda, dan Venus Academy. Adapun klub luar kota ada Jatiwayang Ungaran, Gebog Bintang Utara Kudus, River Side Kendal, Syifa Jaya Demak, dan Zhafira FC Demak.

Salah satu penggagas SFL, Suyatno ditemui di pembukaan kemarin mengatakan, SFL adalah salah satu kompetisi yang menjadi embrio lahirnya pemain-pemain berbakat yang saat ini tengah tampil di ajang kompetisi professional maupun Timnas.

“Beberapa pemain lulusan SFL mampu bersaing di kancah kompetisi professional bahkan langganan dipanggil Timnas. Oleh karena itu kompetisi semacam ini penting sebagai ajang unjuk gigi bibit-bibit futsal khususnya di Kota Semarang,” beber oewner klub BJL 2000 Semarang itu. (bas)