Tak Kenal Cagub, Partisipasi Pemilih Turun

469
SOSIALISASI : Yanto Mulyanto dari Panwaskab memberikan sambutan dalam sosialisasi pemilu kemarin. (Wahib Pribadi/Radar Semarang)
SOSIALISASI : Yanto Mulyanto dari Panwaskab memberikan sambutan dalam sosialisasi pemilu kemarin. (Wahib Pribadi/Radar Semarang)

RADARSEMARANG, DEMAK –  Partisipasi pemilih pada pemilihan gubernur (pilgub) Jateng dikhawatirkan menurun. Ini karena masih banyak masyarakat yang tidak kenal dengan calon gubernur (cagub) dan calon wakil gubernur (cawagub) yang maju dalam pilgub tersebut.

Untuk itu, menurut Ketua Panwaskab Demak, Khoirul Saleh diperlukan penguatan terhadap partisipasi pemilih dalam menggunakan hak pilihnya. Menurutnya, sesuai UU Nomor 7 Tahun 2007 disebutkan, bahwa penguatan partisipasi pemilih  dalam pilgub maupun pemilu dapat dilakukan elemen masyarakat.

“Ini untuk menghindari potensi golput,”katanya dalam sosialisasi pilgub di hadapan para kepala desa (kades) di Hotel Amantis, kemarin.

Menurut Khoirul, rendahnya partisipasi masyarakat terjadi akibat minimnya sosialisasi sehingga pemilih kurang mengenal cagub cawagubnya. “Kita pun berharap, para kades ini dapat membantu menyosialisasikan pilgub ini,” harapnya. Ketua panitia kegiatan, Yanto Mulyanto mengatakan, para kades menjadi sasaran sosialisasi pilgub dan pemilu karena mereka yang menjadi ujung tombak semua kegiatan di masyarakat.

“Kita harapkan, sosialisasi ini efektif sehingga partisipasi pemilih meningkat,”kata Yanto. (hib/lis)