PANTAU HARGA : Seorang warga sedang melihat perubahan harga kepokmas di pasar-pasar tradisional Kota Magelang, Rabu (31/1). (PUPUT PUSPITASARI/RADAR KEDU)
PANTAU HARGA : Seorang warga sedang melihat perubahan harga kepokmas di pasar-pasar tradisional Kota Magelang, Rabu (31/1). (PUPUT PUSPITASARI/RADAR KEDU)

RADARSEMARANG.COM, MAGELANG – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Magelang memasang papan informasi digital harga kebutuhan pokok masyarakat (kepokmas). Pemasangan papan ini guna memudahkan masyarakat dalam mengetahui harga kepokmas terkini.

Kepala Disperindag Kota Magelang, Joko Budiyono mengatakan, papan tersebut dipasang di depan kantor dinas sejak Desember 2017 lalu. Setiap hari, harga kepokmas diperbarui sesuai perkembangan harga di 3 pasar tradisional. Yakni, Pasar Rejowinangun, Pasar Gotong Royong dan Pasar Kebonpolo. “Harga yang ditampilkan adalah harga kepokmas pada hari itu,” katanya, Rabu (31/1).

Penampilan harga kepokmas di tiga pasar tersebut juga sebagai upaya memerangi pedagang nakal. Dengan begitu, pedagang tidak bisa mempermainkan harga pasar seenaknya.

Ada 17 jenis kepokmas yang dipantau setiap hari. Yaitu beras, gula pasir, minyak goreng, daging, telur, susu, jagung, tepung terigu, kacang kedelai, cabai, bawang merah, bawang putih, ikan laut, mi instan, kacang tanah dan kacang hijau. “Pembaruan harga-harga kepokmas itu dilakukan setiap hari mulai pukul 10.00 WIB,” tambahnya.

Disperindag juga berencana memasang dua papan informasi digital serupa di Pasar Rejowinangun dan Pasar Kebonpolo. Lokasi pemasangan papan dipilih yang strategis. “Agar pengunjung pasar bisa mengetahui harga kepokmas di pasar tersebut pada hari itu,” imbuhnya.

Sementara itu, Pujiastutik, 45, warga Magelang Tengah mengaku terbantu dengan papan informasi harga kepokmas di pasar tradisional. Sebelum ke pasar, ia menyempatkan diri melihat pergerakan harga di tiga pasar. (put/ton)