Janjikan Kerja di Kapal, Raup Rp 100 Juta

380

RADARSEMARANG.COM, SALATIGA – Unit Reskrim Polsek Sidomukti berhasil mengungkap perkara penipuan uang ratusan juta rupiah dengan iming-iming janji akan diberangkatkan bekerja di kapal pesiar. Pelaku berhasil ditangkap setelah dijebak korban untuk bertemu di sebuah kafe.

Pelaku yang ditangkap adalah Pudji Santoso, 52, warga Timuran MG, Kelurahan Brontokusuman Kecamatan. Mergangsan Yogyakarta. Polisi bergerak setelah mendapatkan laporan dari Mukromin, 45, warga Cluster Mangunsari Asri A11 Cabean, Mangunsari, Sidomukti, Salatiga.

Kasubag Humas Polres Salatiga Kompol I Nyoman Suasma menuturkan, kejadian bermula saat pelaku pada Agustus 2017 datang ke Sekolah Hotel dan Kapal Pesiar Oceana Salatiga. Ia mengaku dari PT Awedya Tanjung Priok Jakarta yang bergerak dalam bidang rekruitmen pekerja pelayaran. Selain itu, ia juga mengaku memberangkatkan siswa didik di Oceana sebagai kru kapal River Cruise Eropa.

Awalnya tidak ditanggapi, namun terlapor sering bertamu ke Oceana sehingga korban akhirnya yakin dan mau mengikutkan siswa didiknya dalam rekrutmen. Saat itu disepakati bahwa pembayarannya adalah sebesar Rp 30 juta per orang dan disepakati yang dibayarkan 50 persen terlebih dahulu.

“Korban kemudian membayarkan total sebesar Rp 75 juta dengan beberapa transaksi, namun selanjutnya terlapor meminta uang sendiri kepada para kandidat dan akhirnya total uang yang diterima sebesar Rp 100 juta,” jelas Suasma. Namun ditunggu hingga lama, para kandidat belum juga diberangkatkan.

Karena hingga batas waktu yang ditentukan tidak juga diberangkatkan, Mukromin memilih melaporkan kasus ini ke polisi. Polisi yang mendapatkan laporan kemudian menindaklanjuti dan berhasil menangkap pelaku di sebuah kafe. (sas/ton)