VERIFIKASI : Ketua DPC Gerindra Kota Semarang Sigit Ibnugroho saat menerima kedatangan tim verifikasi dari KPU, Selasa (30/1). (Ist)
VERIFIKASI : Ketua DPC Gerindra Kota Semarang Sigit Ibnugroho saat menerima kedatangan tim verifikasi dari KPU, Selasa (30/1). (Ist)

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang telah melakukan verifikasi faktual kepada sejumlah Partai Politik (Parpol). Seperti Nasdem, PAN, PDI Perjuangan, Gerindra, PKS, Golkar, PKB, PSI, dan PPP.

“Hampir semua Parpol yang masuk daftar kami telah kami verifikasi. Besok (hari ini) tinggal Partai Berkarya sama Garuda,” kata Ketua KPU Henry Wahyono, Rabu (31/1).

Henry menjelaskan, dalam verifikasi, ada empat hal yang ditekankan. Pertama identitas resmi pengurus, mulai ketua, sekretaris, dan bendahara. Kedua mengenai kantor kepengurusan, harus ada surat domisili dari kelurahan dan pernyataan dari pengurus bahwa kantor tersebut digunakan untuk menghadapi Pemilu 2019. “Kemudian kita verifikasi juga keterperhatian 30 persen untuk pengurus perempuan, dan terakhir verifikasi faktual anggota,” terang Henry.

Henry menambahkan, hasil verifikasi akan diumumkan setelah pihaknya menggelar rapat pleno pada 2 Februari lusa. “Setelah rapat pleno, tanggal tiga sampai lima masa perbaikan. Setelah itu pengumuman,” ujarnya.

Disinggung kendala selama verifikasi, Henry menyatakan, sebagian besar maslaah E-KTP dan surat keterangan. “Ada yang surat keterangannya sudah lewat masa berlakunya, kemudian ada KTP yang terbawa istri atau orang lain,” imbuhnya.

Terpisah, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Kota Semarang optimistis lolos verifikasi dan siap bertarung dalam Pemilu 2019 mendatang. DPC Gerindra yang berkantor di Jalan Durian Raya, Banyumanik itu telah diverifikasi KPU pada Selasa (30/1), sekitar pukul 15.30. Tim KPU dipimpin Haris Hidayat dan dihadiri Panwas. Untuk verifikasi kepengurusan, berdasar surat keputusan (SK) DPC Gerindra terhdapat 19 pengurus dengan 6 perempuan. Kemudian untuk keanggotaan yang minim 10 persen dari jumlah penduduk, lanjut Sigit, Gerindra berdasarkan SIPOL ada 1.401 anggota.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPC Gerindra Kota Semarang, Ibnu Andika menyatakan siap bertarung dalam pemilu 2019 mendatang, dengan target yang cukup signifikan dibanding tahun lalu. “Jika dalam pemilu kemarin kita memperoleh sekitar 90 ribu suara, tahun depan kita target 150 ribu suara. Dengan target 12 sampai 14 kursi DPRD Kota Semarang,” tegasnya.  (zal)