RADARSEMARANG.COM, DEMAK – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Demak, kemarin melakukan verifikasi faktual terhadap partai peserta pemilu 2019. Parpol yang telah diverifikasi adalah PKB, Nasdem, PKS dan PBB. Terkait verifikasi faktual ini, DPC PKB Demak siap mengikuti pemilu 2019.

Sekretaris DPC PKB Demak, Zayinul Fata mengatakan, PKB sebagai partai pemenang pemilu 2014 di Kabupaten Demak, telah mempersiapkan diri untuk mengikuti pemilu 2019 mendatang. “Kesiapan persyaratan telah dilakukan, termasuk dalam verifikasi faktual,” ungkap Zayinul Fata disela menerima tim verifikasi dari KPUD Demak yang dipimpin Ketua KPUD Mahmudi dan didampingi Ketua Panwaskab Demak Khoirul Saleh, kemarin siang.

Ketua DPC PKB Demak, Munhamir mengungkapkan, PKB telah memenuhi syarat untuk mengikuti pemilu. Ini dibuktikan dengan pemenuhan persyaratan yang dibutuhkan. Seperti, SK asli dari DPP PKB terkait kepengurusan DPC PKB Demak. Kemudian, soal domisili kantor PKB, kelengkapan struktur organisasi baik ketua, sekretaris maupun bendahara.

Selain itu, PKB juga telah memenuhi syarat keanggotaan 5 persen dari 1.000 anggota.Yaitu, minimal 50 anggota. “Justru PKB lebih dari itu. Yaitu, ada 53 anggota yang memenuhi syarat. Dari verifikasi faktual ini, 30 persen keterwakilan perempuan juga terpenuhi. Jadi, persyaratan telah memenuhi semua,” terangnya.

Munhamir menambahkan, dalam pemilu nanti, PKB Demak menargetkan bisa meraih minimal 12 kursi dari yang sebelumnya 9 kursi. Kantong kantong suara  merata di masing-masing dapil (daerah pemilihan). PKB telah menyiapkan calon legislatif (caleg ) di setiap dapil.

“Semua sudah kita ajak komunikasi. Caleg bisa dari kader NU di PKB maupun Fatayat, Ansor dan elemen profesi lainnya, termasuk akademisi,” ujarnya.

Ketua KPUD Demak, Mahmudi mengatakan,  verfikasi faktual ini dilakukan untuk mencocokkan apakah data yang diserahkan Parpol ke KPUD sebelumnya sesuai dengan faktanya atau tidak. “Karena itu, kita verifikasi keanggotaan partai juga. Jika sudah lengkap keanggotaannya, maka sudah klir,” katanya.

Ketua Panwaskab Demak, Khoirul Saleh mengatakan, panwas turut mengawasi dalam verfikasi faktual parpol tersebut. “Kita awasi semua untuk memastikan kelancaran jalannya pemilu 2019,”katanya. (hib/sct/zal)