Berburu Kearifan Lokal di Desa-Desa Wisata Magelang

Pesona Magelang

938

RADARSEMARANG.COM – KABUPATEN Magelang memiliki potensi luar biasa terkait dunia pariwisata. Belakangan tidak hanya wisata mainstream saja seperti Candi Borobudur dan Ketep Pass, namun mulai muncul desa-desa wisata dengan berbagai potensi khas ndeso yang layak untuk dikunjungi.

Sedikitnya ada 33 desa wisata yang tersebar di Kabupaten Magelang. Menariknya, masing-masing memiliki ciri khas dan keunikan masing-masing.

Dilabeli wisata, desa-desa tersebut mengandalkan kearifan lokal, kerajinan, kesenian, dan lanskap berlatar pegunungan yang memanjakan mata buat wisatawan. Tidak sekadar dilihat, penduduk desa juga memberi kesempatan pada wisatawan untuk turut terlibat beraktivitas di dalamnya.

Desa-desa wisata yang ada di sekitar Candi Borobudur tentu paling banyak. Magnet Candi Borobudur dimanfaatkan betul oleh masyarakat bersama Pemerintah Kabupaten Magelang untuk terus didorong berkembang. Semua stakeholder memang sedang giat-giatnya mengembangkan desa wisatanya, seiring dengan menanjaknya popularitas Borobudur sebagai tujuan wisata.

Sebut saja, Desa Wisata Wanurejo yang menyajikan berbagai alternatif mengisi liburan. Mulai naik Jeep perang, mobil VW kuno, dan membatik serta berburu aneka kerajinan lokal.

Di Desa Candirejo Borobudur tak kalah menarik. Wisatawan diajak keliling desa untuk menjadi bagian dari kegiatan masyarakat. Bisa ikut mencangkul di sawah, memasak makanan khas ndeso dan terlibat di berbagai aktifitas.

WISATA DESA : Wisatawan bisa turut membaur dalam kehidupan masyarakat desa saat mengunjungi desa-desa wisata di Kabupaten Magelang. (DISPARPORA KAB MAGELANG)
WISATA DESA : Wisatawan bisa turut membaur dalam kehidupan masyarakat desa saat mengunjungi desa-desa wisata di Kabupaten Magelang. (DISPARPORA KAB MAGELANG)