Oleh: Lia Tri Prasasti SPd
Oleh: Lia Tri Prasasti SPd

RADARSEMARANG.COM, “PD-mu menentukan keberhasilanmu. Bila Anda percaya pada diri sendiri, Anda tidak perlu orang lain untuk percaya pada diri Anda.”

Mungkin sebagian dari kita sering mendengar kata-kata bijak terkait dengan percaya diri di atas. Rasa percaya diri memang sesuatu yang berharga dan dapat diandalkan dalam menentukan keberhasilan kita dalam mencapai suatu tujuan. Betapa tidak, berikut kami coba paparkan suatu contoh.

Seorang siswa yang pintar, nilai akademisnya bagus, memiliki suatu ide atau pendapat yang bagus tentang suatu hal terkait pembelajaran. Namun siswa tersebut malu untuk mengungkapkan kepada guru karena takut pendapatnya salah, takut dimarahi guru dan takut ditertawakan oleh teman-temannya. Alhasil tiada yang tahu apa isi di dalam otaknya yang brilian itu. Padahal apabila diungkapkan, idenya sangat luar biasa dan mampu mengubah dunia.

Namun di sisi lain, ada seorang siswa yang biasa saja, kurang berprestasi di sekolahnya, namun berani berbicara dan berpendapat, tidak takut salah, berani mencoba, yakin akan kemampuan yang dimilikinya. Maka kesuksesan dan keberhasilan akan dekat dengannya, karena dia berani bertindak dan bergerak. Itulah sekedar ilustrasi untuk menggambarkan betapa pentingnya rasa percaya diri pada seseorang.

Percaya diri merupakan kondisi mental atau psikologis diri seseorang yang memberi keyakinan kuat pada dirinya untuk berbuat atau melakukan sesuatu tindakan (Thantaway dalam Kamus Istilah Bimbingan dan Konseling (2005:87). Jadi dengan kepercayaan diri yang kuat, seseorang akan mudah mencapai segala tujuan hidupnya. Terutama bagi siswa, kepercayaan diri yang dimiliki akan sangat berpengaruh terhadap prestasi belajarnya di sekolah.

Siswa yang percaya diri akan termotivasi dan semangat dalam belajar, berani bertindak tanpa adanya keraguan, berani mencoba dan tidak takut salah, mampu memutuskan studi lanjutan yang sesuai dengan bakat dan kemampuannya, tidak mudah menyerah dengan keadaan, tidak mudah terpengaruh terhadap hal-hal negatif yang akan mengganggu cita-citanya dan lain sebagainya. Karena begitu pentingnya rasa percaya diri bagi siswa, maka perlu diberikan latihan-latihan khusus untuk mengembangkannya. Salah satunya melalui metode role playing (bermain peran).