Dipecat Partai, Legislator Dicopot

549

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Setelah sekian lama berseteru dengan Partai Nasdem, anggota DPRD Kota Semarang dari partai besutan Surya Paloh tersebut, Windu Suko Basuki resmi dicopot dan diganti.

Basuki digantikan oleh Budiarto atas usulan dari Partai Nasdem, Senin (29/1). Budiarto resmi dilantik dalam Sidang Paripurna Pergantian Antar Waktu (PAW) anggota DPRD Kota Semarang di Gedung Paripurna DPRD Kota Semarang.

Pemberhentian dan pengangkatan anggota DPRD Kota Semarang tersebut atas dasar turunnya Surat Gubernur tentang pemberhentian dan pengangkatan sebagai anggota DPRD Kota Semarang Pergantian Antar Waktu (PAW) periode 2014-2019.

“Secara normatif, setelah surat gubernur turun, kami mengagendakan untuk diadakan pelantikan PAW anggota DPRD Kota Semarang. Windu Suko Basuki dipecat dari keanggotaan Partai Nasdem, kami hanya menindaklanjuti secara normatif saja,”  kata Ketua DPRD Kota Semarang, Supriyadi, usai Sidang Paripurna.

Sebelumnya PAW tersebut telah melewati proses panjang sesuai mekanisme. “Kami melayangkan surat berdasarkan surat dari partai tersebut, kami sampaikan ke gubernur melalui Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi,” katanya.

Budiarto ditempatkan di Komisi A, bergabung dengan Fraksi PDI Perjuangan karena Partai Nasdem tidak memiliki Fraksi di DPRD Kota Semarang. Sesuai aturan Undang-Undang (UU) Nomor 23 Tahun 2015, terang Supriyadi, partai politik memiliki kewenangan untuk mengganti anggota dewan dari partai tersebut.