PLN Siap Dampingi UKM Hingga Sukses Lewat CSR

1080
DUKUNG UKM- Deputi Manajer Komunikasi dan Bina Lingkungan PLN Distribusi Jawa Tengah dan DIY Hardian Sakti Laksana (ketiga dari kiri) saat memberikan pengarahan kepada UKM mitra binaan. (ist)
DUKUNG UKM- Deputi Manajer Komunikasi dan Bina Lingkungan PLN Distribusi Jawa Tengah dan DIY Hardian Sakti Laksana (ketiga dari kiri) saat memberikan pengarahan kepada UKM mitra binaan. (ist)

SEMARANG- Perusahaan Listrik Negara (PLN) terus mendukung dan mendampingi UKM yang menjadi mitra binaan untuk sukses dan memiliki daya saing tinggi.  Jadi tidak hanya dukungan modal saja yang dilakukan, tetapi juga memberikan arahan-arahan sehingga UKM menjadi lebih maju.

Hasil kerja keras PLN dalam melakukan program CSR ini mendapat apresiasi dari kementerian BUMN. Salah satunya di Rumah Wisata Kedelai, Jl. Argomas Timur No. 31 Salatiga, milik Eko Susilo usaha yang bergerak di bidang pengolahan makanan dan minuman sehat berbahan dasar kedelai yang sempat terpuruk. Berkat bantuan dan pendampingan yang dilakukan PLN tahun 2010 lalu,  kini mampu meraih sukses.

“Saat itu ada kendala di proses produksi yang memakan waktu lama. Belum lagi hasil produksi cepat rusak (tengik), sehingga banyak merugi,” kata Eko , disela kunjungan kerja monitoring dan evaluasi program PKBL dari Tim Kementerian BUMN, di Mitra Binaan PLN Rumah Wisata Kedelai, Sabtu (27/1).

Kini, Rumah Wisata Kedelai sudah memiliki banyak varian produk, mulai dari kedelai goreng rendah lemak dengan berbagai varian rasa (Bawang, keju, vegetarian), satru kedelai, serbuk beras merah, beras hitam, kacang hijau, bahkan perpaduan serbuk dengan gula merah organik menjadi jus hangat beras merah, beras hitam, dan kacang hijau. Adapun pemasarannya sudah meluas sampai ke Bali.

“Sangat menarik semua proses produksi dilakukan dengan alat – alat yang merupakan modifikasi dan inovasi sendiri yang mendapat dukungan dana dari PLN di tahun 2010. Semoga usahanya bisa terus dikembangkan,” ungkap Indriani dari kementrian BUMN yang mengapresiasi kerja keras PLN saat mengunjungi rumah wisata kedelai di Salatiga akhir pekan lalu , didamping Hardian Saksi Laksana, Deputi Manajer Komunikasi dan Bina Lingkungan PLN Distribusi Jawa Tengah dan DIY.

Dalam kesempatan tersebut, Manajer Senior CSR  PLN Pusat, Zubaidah menyampaikan, bantuan PLN tak hanya sekedar pada permodalan saja. Namun, dengan melihat perkembangan usaha, selanjutnya PLN akan turut mendorong Rumah Wisata Kedelai untuk menyertifikasi produk-produknya ke Balai POM. (tya)