Pasang Behel Cukup Lima Menit, Tarif Rp 500 Ribu

Menelusuri Praktik Pasang Behel di Tukang Gigi

1184
TERANG-TERANGAN: Salah satu tempat praktik tukang gigi yang juga melayani pemasangan behel di Ungaran. (EKO WAHYU BUDIYANTO/JAWA POS RADAR SEMARANG)
TERANG-TERANGAN: Salah satu tempat praktik tukang gigi yang juga melayani pemasangan behel di Ungaran. (EKO WAHYU BUDIYANTO/JAWA POS RADAR SEMARANG)

“Behel itu mudah, cukup 5 menit. Bahkan anak saya yang berumur 18 tahun bisa melakukannya,”

Nisap Riadi, Bendahara DPW Serikat Tukang Gigi Indonesia (STGI) Jateng

RADARSEMARANG.COM – Tukang gigi maupun salon yang membuka layanan pemasangan behel atau kawat gigi semakin marak. Meski UU Nomor 29 Tahun 2004 tentang Praktik Kedokteran melarang praktik ini dengan ancaman sanksi yang cukup berat, namun hal itu tak membuat pelaku bisnis ini jera. Kenapa?

TULISAN “Pasang Gigi & Behel” terpampang jelas di kaca  depan tempat praktik Fahmi Dental di bilangan Jalan Letjen Suprapto, Sidomulyo, Ungaran Timur. Tempat ini melayani jasa pemasangan gigi palsu, pemasangan behel, dan penggantian karet behel pada gigi.

 Fahmi, 20, pemilik usaha ini mengungkapkan, jika praktik pemasangan gigi dan behel tersebut baru dibuka pada Oktober 2017 lalu. Pembukaan tempat praktik tersebut juga atas bantuan saudaranya, Dias, yang juga membuka praktik serupa di Kota Semarang. “Di sini saya hanya menjalankan usaha dari om saya yang juga buka di Kota Semarang,” ujar Fahmi kepada Jawa Pos Radar Semarang, Minggu (28/1).

Dikatakannya, sejak dibuka pada Oktober 2017 lalu, pengunjung sebagian besar yang datang meminta pemasangan gigi palsu. Usia pasien bervariasi, mulai 40 hingga 50 tahun. Untuk harga yang dipatok setiap pemasangan satu gigi palsu hanya Rp 100 ribu. “Dipasang langsung di sini (tempat praktik),” katanya.

Ia mengakui, kemampuannya dalam memasang gigi palsu didapat dari saudaranya bukan dari dunia akademis. “Diajari om saya (Diaz).  Kemampuannya diperoleh dari orangtuanya dulu turun-temurun,” ujar pria asli Madura ini.

Untuk pemasangan behel, ia patok harga Rp 500 ribu. Selama ini, belum ada pemasangan behel yang datang ke tempat praktiknya itu. Hanya saja, banyak pemakai behel yang datang untuk minta diganti karet di behel mereka.

Silakan beri komentar.