KERJA KERAS : Petugas PLN memperbaiki jaringan listrik yang rusak akibat banyaknya pohon tumbang dan memutus aliran listrik ke pelanggan. (DOK HUMAS PLN Area Magelang)
KERJA KERAS : Petugas PLN memperbaiki jaringan listrik yang rusak akibat banyaknya pohon tumbang dan memutus aliran listrik ke pelanggan. (DOK HUMAS PLN Area Magelang)

RADARSEMARANG.COM, MAGELANG – Hujan deras bercampur angin kencang yang menerpa kawasan Kabupaten Magelang dan Kota Magelang, Rabu (24/1) lalu menumbangkan sejumlah pohon. Jaringan listrik di beberapa wilayah juga terputus akibat tertimpa pohon yang roboh.

“Terdapat tiga titik lokasi kabel putus di wilayah PLN Rayon Magelang Kota yaitu di Jenderal Sudirman, Panca Arga, dan Salakan Dampit Mertoyudan,” beber Humas PLN Area Magelang, Nurina, Kamis (25/1).

Akibat terputusnya aliran listrik dan jaringan kabel, PLN harus menanggung kerugian.“Kerugian akibat kejadian tersebut diperkirakan mencapai Rp 103 juta dengan energi tidak tersalurkan sebesar 61 ribu kilowatt hours (KwH),” tandas Nurina.

Untuk memperbaiki jaringan yang terputus, PLN menerjunkan 40 personel di 3 titik tersebut. Dinas Lingkungan Hidup Kota Magelang membantu menyingkirkan pohon yang tumbang sebelum perbaikan dan penormalan aliran listrik dilakukan.

“Total perbaikan memakan waktu terlama 27 jam karena lokasi tersebar di beberapa titik dalam satu lokasi. Sehingga petugas kami menyisir jaringan terlebih dahulu. Wilayah yang mengalami padam terlama di daerah Prajenan Mertoyudan Kabupaten Magelang,” kata Nurina.

Terpisah, Kepala UPT Pemadam Kebakaran Kabupaten Magelang Heri Prawoto mengatakan pihaknya mengerahkan dua tim untuk membantu penanganan kerusakan akibat hujan deras di Kabupaten Magelang. Sasaran utama penanganan berupa pohon maupun baliho roboh yang menimpa rumah maupun bangunan lainnya sehingga warga bisa secepatnya menempati rumah mereka kembali jika tidak mengalami kerusakan parah.

Kamis (25/1), warga Dusun Gegeran Sukosari Kecamatan Bandongan menggelar kerja bakti membersihkan material longsor yang menutup saluran irigasi. Lokasi longsor tersebut jauh dari permukiman warga sehingga menimbulkan korban jiwa. Hanya saluran irigasi yang tersumbat. (cr3/vie/ton)