Pertukaran Budaya di SD Kebon Dalem 2

699
PERTUKARAN BUDAYA: Para siswa SD Kebon Dalem 2 bersama orang tua dan suster berfoto bersama di dalam ruang yang bertemakan budaya Bali. (NUR WAHIDI/JAWA POS RADAR SEMARANG)
PERTUKARAN BUDAYA: Para siswa SD Kebon Dalem 2 bersama orang tua dan suster berfoto bersama di dalam ruang yang bertemakan budaya Bali. (NUR WAHIDI/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Puluhan suster yang tergabung dalam Suster Penyelengaraan Illahi (SPI) melakukan pertukaran budaya di SD Kebon Dalem 2, Jalan Arumsari Sambiroto, Semarang, Rabu , (26/1). Dalam kegiatan yang bertajuk “Cross Culture Enrichment 2018” itu, suster melihat dan melakukan dialog dengan siswa disaksikan para orangtua siswa.

Di sekolah tersebut terdapat beberapa kebudayaan dari Indonesia, di antarantya dari Bali, Kalimantan, Jakarta, NTT, Kudus, Jawa Barat, serta Semarang. Sedangkan dari luar negeri di antaranya Jerman, Brazil, Malawi dan China.

Dengan mengenakan pakaian adat, para siswa menyapa suster, dan dilanjutkan dengan siswa mepresentasikan kebudayaan.

“Ini merupakan salah satu bentuk tanggungjawab anak kepada orangtua. Tidak hanya masalah budaya tetapi juga melatih anak untuk bertanggungjawab,” kata Ketua Suster Penyelenggara Ilahi Indonesia Cabang Semarang, Rahayu kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Rahayu menambahkan, kegiatan ini akan berlangsung selama dua hari. Dikatakan, setiap tahun sekolah ini mengadakan kegiatan dengan tema yang berbeda-beda.

Orangtua siswa, Desy, mengaku, dengan mengikuti kegiatan ini tentunya ada kebanggaan dan kepuasan tersendiri, karena bisa membantu anak dalam menyiapkan kegiatan secara maksimal. “Anak merasa bangga karena mampu mempersembahkan kepada orangtuanya dalam acara yang rutin digelar setiap tahun ini,” ujarnya. (hid/sct/aro)