Hujan Es, Pohon Tumbang

724
TUMBANG : Pohon yang tumbang di Jalan Jendral Sudirman melintang di jalan sehingga menyebabkan kemacetan panjang dan butiran es yang turun berbarengan dengan hujan deras. (AGUS HADIANTO/JAWA POS RADAR KEDU)
TUMBANG : Pohon yang tumbang di Jalan Jendral Sudirman melintang di jalan sehingga menyebabkan kemacetan panjang dan butiran es yang turun berbarengan dengan hujan deras. (AGUS HADIANTO/JAWA POS RADAR KEDU)

RADARSEMARANG.COM, MAGELANG – Hujan deras disertai angin kencang di sebagian wilayah kota dan Kabupaten Magelang, Rabu (24/1) kemarin, mengakibatkan pohon-pohon bertumbangan dan memutus aliran listrik. Pohon tumbang di Jalan Jendral Sudirman, depan Hotel Atria, menyebabkan satu pengendara terjatuh akibat tersangkut kabel Telkom yang terputus. Yang menarik, hujan deras kemarin, disertai turunnya butiran-butiran es.

Kasat Lantas Polres Magelang Kota, AKP Marwanto menjelaskan, satu pohon tumbang menimpa tiang telepon dan menyebabkan kabel terputus, sehingga menjuntai ke jalan raya. “Pengendara terjatuh, sedangkan motornya jalan sendiri hingga masuk ke halaman salah satu bengkel. Pengendara tidak apa-apa,” kata Marwanto yang terjun langsung untuk mengurai kemacetan. AKP Marwanto menjelaskan, dari laporan yang masuk ke pihaknya, hujan cukup deras disertai angin besar, terpantau di wilayah Magelang Selatan, terutama wilayah Tidar Selatan. “Dari laporan, ada beberapa pohon tumbang di Jalan Jendral Sudirman dan depan simpang Artos. Selain itu, hujan disertai dengan butiran es.”

Hujan deras disertai angin kencang yang membawa butiran es, dibenarkan oleh Fadholi, guru MAN di Jalan Sunan Bonang, Kampung Karet, Jurangombo Selatan. “Benar, ada hujan es sekitar 10 menit saat turun hujan deras. Ukurannya kecil-kecil, tapi banyak dan suaranya cukup keras. Sehingga seisi sekolah terkejut dan pada keluar ruangan.”

Fenomena langka ini membuat warga sekolah geger. Mereka keluar ruangan untuk melihat langsung bentuk es yang jatuh dari langit. “Awalnya kami tidak percaya kalau hujan yang turun berupa es, tapi ternyata benar setelah kami melihat dengan mata kepala sendiri bongkahan es di tanah. Kecil sih, tapi kalau kena kepala bisa ngilu,” ucapnya.

Humas PLN Area Mageelang, Nurina, membenarkan bahwa jaringan listrik ikut terganggu, karena adanya beberapa pohon tumbang yang menimpa kabel listik. “Pohon tumbang ada di Jendral Sudirman, Panca Arga, Salakan Dampit Mertoyudan. Beberapa wilayah padam karena kabel listrik tertimpa pohon yang tumbang.” (cr3/isk)