Dijanjikan Beasiswa, Wali Murid Tertipu

550

RADARSEMARANG.COM, PURWOREJO—Sejumlah wali murid MTs Negeri Bener, menjadi korban penipuan bermodus pemberian beasiswa. Kasus ini pun sudah dilaporkan ke Polsek Bener. Modusnya, pelaku mencatut nama Kepala MTs N Bener Imam Partomo dan Bendahara Sekolah Eryonggo Sri Wardono. Pelaku yang masih diburu polisi, memperdayai orang tua siswa akan menyalurkan dana beasiswa prestasi tahun pelajaran 2017/2018, dengan syarat membayar sejumlah uang.

Kapolsek Bener AKP Bambang Sulistyo, Rabu (24/1) kemarin merinci sejumlah nama wali murid yang menjadi korban penipuan. Di antaranya, Sudiyono warga Desa Loano, Kecamatan Loano Rp 31 juta; Kamali, warga Desa Kalijambe, Rp 4,9 juta, Zamzami warga Desa Bener, Rp 1 juta; serta Musahid, warga Desa Bleber, Rp 28 juta. “Modus yang digunakan pelaku, menawarkan beasiswa bagi murid berprestasi.”

Menindaklanjuti kasus tersebut, Polsek Bener berkoordinasi dengan Satuan Reskrim Polres Purworejo untuk pengusutan lebih lanjut. Pelaku mulus melancarkan aksinya, karena nama-nama penerima beasiswa yang dikirim via email oleh pihak sekolah, diduga bocor ke tangan oknum tak bertanggung jawab di luar lingkungan sekolah.

Pelaku lantas memanfaatkan hal itu, dengan meminta duit dari orang tua/wali murid, agar proses pencairan beasiswa mulus. Mereka diminta mentransfer uang ke rekening atas nama Yusuf Indra, Ronny Sofyan, dan Hermansyah. (jpg/isk)