Ulama Asing Ziarah di Masjid Demak

5740
TOUR ZIARAH: Para ulama Murysid Tarekat dari luar negeri saat singgah di Masjid Agung Demak, kemarin. (WAHIB PRIBADI/JAWA POS RADAR SEMARANG)
TOUR ZIARAH: Para ulama Murysid Tarekat dari luar negeri saat singgah di Masjid Agung Demak, kemarin. (WAHIB PRIBADI/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM, DEMAK Para ulama yang tergabung dalam kumpulan Mursyid Tarekat dari luar negeri atau dari 23 negara kemarin berkesempatan mengunjungi Masjid Agung Demak. Ini dilakukan sebagai rangkaian kegiatan tour ziarah usai muktamar Jatman di Pekalongan beberapa waktu lalu. Para ulama ini di antaranya berasal dari Amerika Serikat, Rusia, Tiongkok, Tunisia, Maroko, Turki, Syiria, Iran, Taiwan, dan Peking.

Panitia tour ziarah, Indra Thomas, menuturkan, para ulama tersebut memang dijadwalkan untuk ziarah di Kota Semarang dan Demak setelah sebelumnya ziarah di Makam Habib Hasan Kramat Jati, Jakarta dan Habib Hasan Thoha Semarang. Sesampainya di Demak, kemarin, selain ke Masjid Agung untuk salat berjamaah, mereka juga berziarah di Makam Sultan Fatah, Raja Pertama Kasultanan Demak Bintoro.  “Ini merupakan rangkaian ziarah ke Semarang dan Demak,”katanya.

Menurutnya, Demak menjadi salah satu tujuan ziarah lantaran memiliki sejarah panjang sebagai pembuka Islam nusantara di tanah Jawa. Kiprah Walisongo saat itu dinilai berhasil membumikan Islam yang rahmatan lil alamin. (hib/aro)