Agus Istanto. (AHSAN FAUZI/RADAR KEDU)
Agus Istanto. (AHSAN FAUZI/RADAR KEDU)

RADARSEMARANG.COM, TEMANGGUNG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Temanggung tengah melakukan pencocokan dan penelitian (Coklit) terhadap warga Temanggung untuk Pilbup dan Pilgub 2018. Sebanyak 1.801 Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) dikerahkan selama 25 hari.

“Coklit serentak dimulai tanggal 20 Januari. Alokasi waktu yang diberikan 25 hari. Kami optimistis coklit bisa rampung tepat waktu,” ucap Komisioner KPU Temanggung Divisi Perencanaan dan Data Agus Istanto, Selasa (23/1).

Agus menjelaskan, jumlah PPDP sama dengan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Temanggung. Setiap hari, seorang PPDP ditargetkan bisa mendata 15 orang. Sehingga dalam sehari, ada 27.015 pemilih terdata PPDP. Data sementara yang akan dicoklit, jumlah pemilih di Temanggung sekitar 609.672 orang.

“Coklit akan dilakukan pada seluruh rumah warga di Temanggung, sehingga bisa mengetahui mana yang belum masuk daftar pemilih dan mana yang belum rekam e-KTP,” tutur Agus.

Bagi mereka yang belum masuk daftar pemilih, akan langsung didata dalam formulir A.C-KWK atau hasil penyisiran KPU. Mereka yang sudah terdaftar sebagai pemilih didata di formulir A-KWK atau formulir daftar pemilih. (san/ton)