Longsor, Kandangserang-Klasem Tak Bisa Dilalui

647
BUKA JALAN : Puluhan warga Desa Bodas bersama anggota Koramil dan Polsek Kandangserang membersihkan longsor di jalur Kandangserang Bodas Klasem. (TAUFIK HIDAYAT/RADAR SEMARANG)
BUKA JALAN : Puluhan warga Desa Bodas bersama anggota Koramil dan Polsek Kandangserang membersihkan longsor di jalur Kandangserang Bodas Klasem. (TAUFIK HIDAYAT/RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM, KAJEN – Lantaran hujan deras yang turun selama hampir sepekan, bencana longsor terjadi di Desa Bosa, Kecamatan Kandangserang. Akibatnya jalur dari Kecamatan Kandangserang menuju Desa Klasem dan Desa Bodas terputus total.

Tumpukan material berupa tanah liat sepanjang lebih dari 500 meter dengan ketinggian 70 sentimeter hingga satu meter menutup jalan utama Kandangserang. Hingga Selasa (23/1), petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pekalongan, anggota Koramil Kandangserag, Polsek Kandangserang dan warga terus melakukan kerja bakti membuka akses jalan.

Camat Kandangserang Mohamad Arifin mengungkapkan, longsor sebenarnya sudah mulai terjadi pada Kamis (17/1), tak jauh dari Desa Bodas. Kemudian pada Senin (22/1), terjadi longsor susulan di Desa Bodas, tepatnya jalur Kandangserang Klasem dan Bodas. “Longsor pada hari Kamis lalu, tidak sebesar longsor susulan saat ini,” katanya.

Sementara itu, Kepala BPBD Kabupaten Pekalongan Bambang Djatmiko, mengatakan, pihaknya sudah mengerahkan lebih dari 50 orang untuk membuka akses jalan dari timbunan material tanah liat. Hasilnya Jalan Kandangserang Klasem Bodas sudah bisa dilalui, meski hanya kendaraan roda dua.

BPBD juga sudah menerjunkan alat berat untuk membuka jalan. Banyaknya lumpur dan tanah liat membuat evakuasi tidak bisa hanya menggunakan pacul atau alat sederhana.

“Kami berusaha agar hari ini (kemarin, red) bisa dilakui oleh kendaraan roda empat, karena akses jalan Kandangserang, Klasem Bodas sangat vital dan menjadi penghubung jalan Kabupaten Banjarnegara yang merupakan jalur ekonomi antar-Kabupaten,” tegas Bambang. (thd/ton)