RADARSEMARANG.COM, UNGARAN – Dewan Kesenian Kabupaten Semarang (DKKS) akan menggelar ‘Ketoprak Camp’. Anggota Komite Seni Kreatif DKKS, Muhammad Fajar Afiatno mengatakan penyelenggaraan tersebut akan menggandeng Studio Teraskota.

“Ketoprak camp akan dihadiri oleh Gigok Anurogo. Sebagai pemateri, dia adalah seniman ketoprak dan teater sekaligus penggiat sastra lisan dari Solo,” ujar Fajar, Senin (22/1). Dijelaskannya, kegiatan yang juga dikemas dengan workshop tersebut berkonsep diskusi interaktif.

Pemateri ini akan memaparkan tentang teori bermain ketoprak, penyusunan naskah, aktor, hingga teori serta strategi penyutradaraan. Workshop tersebut akan dilaksanakan pada 26-27 Januari 2018 mendatang di Studio Teraskota, RT 40 RW X Prokimad, Karangduren, Kecamatan Tengaran. Rencananya, acara ini akan diikuti pelaku seni ketoprak dari berbagai daerah di Jawa Tengah. Meliputi Kabupaten Semarang, Kota Salatiga, Kota Solo, Kabupaten Pati, Kabupaten Jepara, bahkan Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur. (ewb/ton)