Tanpa Kerja, Tanpa Modal, Rp 100 Juta di Tangan

Bitcoin, Mata Uang Virtual Yang Menggiurkan

5961

RADARSEMARANG.COM – Mengoleksi mata uang virtual memang menggiurkan. Apalagi, untuk mendapatkan uang itu tidak butuh modal. Dalam setahun, setidaknya uang Rp 100 juta bisa dikantongi. Tanpa kerja, tanpa modal. Seperti apa?

SEBUT saja, Fredy (bukan nama sebenarnya). Dia adalah salah satu penambang altcoin asal Rembang. Ia mengaku awalnya  suka dunia perangkat lunak dan perangkat keras komputer. Dari situ, Fredy tergiur menambang di cryptocurrency. Menggunakan perangkat lunak yang didapatkan, dia iseng-iseng menambang altcoin.

“Nambangnya pakai VGA Card, kartu grafis yang biasanya buat main game di PC,” terang Fredy kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Dari cryptocurrency, dia tidak hanya mendapatkan mata uang virtual Bitcoin saja. Ada banyak jenis mata uang yang bisa ditambang di sana. “Tapi yang bisa ditukar ke rupiah, dulunya cuma Bitcoin saja,” jelasnya.

Diceritakan, saat itu nilai tukar mata uang virtual tidak sebesar sekarang. Pernah dia bisa mengoleksi 40 ethereum. Saat itu, nilainya sangat murah. Masih di kisaran USD 12 atau sekitar Rp 150 ribuan. “Sekarang, 1 ethereum bisa Rp 15 jutaan,” bebernya.

Selain ehtereum, dia juga pernah punya 2 Bitcoin. Tapi sudah dijual untuk dijadikan rupiah. Menurutnya, hingga saat ini banyak situs yang menjadi pasar untuk jual-beli Bitcoin. viv.bitcoin.co.id, misalnya. “Kalau ditotal, selama setahun ini baru dapat Rp 100 jutaan. Uangnya buat jajan saja,” ucapnya sambil tertawa.