VARIAN BARU : Barista AtoZ Bar Wine & Brasserie meracik varian kopi baru sebelum disajikan ke pengunjung. (Nurul pratidina/jawa pos radar semarang)
VARIAN BARU : Barista AtoZ Bar Wine & Brasserie meracik varian kopi baru sebelum disajikan ke pengunjung. (Nurul pratidina/jawa pos radar semarang)

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Menikmati kopi kini telah menjadi bagian dari gaya hidup. Varian penyajian pun berkembang, mulai dari mengeksplor citarasa kopi klasik hingga modern. Berbagai teknik penyajian kopi pun diterapkan untuk menyajikan rasa terbaik.

Assisten Bar Manager AtoZ Bar Wine & Brasserie Semarang, Gagak mengungkapkan, teknik membuat kopi secara umum dibagi menjadi dua. Yaitu menggunakan mesin kopi dan manual brewing. Mesin kopi adalah teknik menyeduh kopi menggunakan mesin yang sudah sangat presisi dari pabrik. Sedangkan manual brewing teknik menyeduh kopi menggunakan alat secara manual yang harus dioperasikan oleh manusia.

Teknik manual brewing diantaranya V60 (pour over) dan teknik klasik asal Jepang yang membutuhkan proses sangat detail agar mendapatkan karakter rasa, dan aroma dari biji kopi tersebut. Selain itu, ada mokapot, alat manual brewing yang biasanya digunakan untuk membuat espresso. “Sistem kerjanya memanfaatkan tekanan uap air yang dihasilkan dari proses pemanasan air pada chamber,” kata dia.

Orange Coffee Soda menjadi salah satu varian kopi klasik dengan rasa yang cukup segar dan banyak diminati. Terdiri dari soda water, espresso 30, es batu secukupnya, serta jeruk Sunkiss.

“Cara menikmati Coffee Soda Orange paling pas adalah pertama makan terlebih dahulu buah jeruk potong, dikunyah tetapi jangan ditelan dahulu, lalu minum perlahan kopi yang telah di campur dengan soda. Rasakan perpaduan kesegaran uniknya di dalam mulut, cocok diminum siang hari,” ujarnya.

Marcomm Manager AtoZ Bar Wine & Brasserie Semarang, Namira Fanessa menambahkan, varian kopi klasik dan modern kini dihadirkan dalam menu Coffeepedia guna memanjakan para pecinta kopi. “Sekarang semakin banyak pecinta kopi, karena itu kami hadirkan sejumlah varian,” ujarnya. (dna/ric)