Ajari Siswa Berinternet Secara Baik dan Cerdas

937

Mulailah mendiskusikan dengan orang tua hal-hal yang menurut anak membuat tidak nyaman saat menggunakan gadget/internet. 4) Sharing before. Sharing dulu sebelum membagikan, kita perlu mengajarkan kepada siswa/anak ketika mereka menggunakan media sosial dan memposting atau membagikan sesuatu. Tidak semua hal bisa dibagikan kepada orang lain, sebelum meng-update status di media sosial siswa dapat melakukan hal-hal sebagai berikut, cepat tapi tak tepat, hindari copas atau plagiat, sampaikan ke orangnya langsung, tahan diri dan teliti kembali, mengkritik dengan sopan dan bahasa yang baik. 5) Wise While Online. Bijak saat beronline-ria. Tips aman ketika online yang harus siswa perhatikan. Yakni, gunakan password yang unik dan kuat, cek URL situs sebelum login, memanfaatkan fitur pelindung privasi, update dan sign out.

Plus minus media sosial bagi siswa dan remaja, efek positif jejaring social. 1) Siswa dapat belajar mengembangkan keterampilan teknis dan sosial yang lagi dibutuhkan di zaman now. 2) Siswa dapat memperluas jaringan pertemanan. 3) Siswa akan termotivasi untuk belajar mengembangkan diri melalui teman-teman yang mereka jumpai secara online. 4) Situs jejaring sosial membuat siswa menjadi lebih bersahabat, perhatian dan empati.

Efek negatif jejaring social. 1) Siswa menjadi malas belajar, karena sering berkomunikasi di dunia maya. 2) Situs jejaring sosial akan membuat siswa lebih mementingkan diri sendiri. 3) Bagi siswa tidak ada aturan ejaan dan tata bahasa di situs jejaring social. 4) Situs jejaring sosial adalah lahan subur bagi predator untuk melakukan kejahatan.

Dari ulasan di atas apa yang perlu dilakukan siswa dan remaja dalam berinternet BAIK adalah percaya diri, terbuka dengan orang yang bertanggung jawab (orang tua dan guru), memahami apa saja yang termasuk perilaku cyber bullying dan etika penggunaan internet dalam media sosial serta tanggap dengan lingkungan. Perilaku menolong adalah perilaku yang sangat baik. Bergaul dengan siapa saja, tapi teman dekat harus dipilih dan harus punya batasan apa saja informasi yang perlu dibagi serta siapa saja yang harus membaginya. (*/ida)

*) Guru SMP 18 Semarang