Fasilitas Rusak, Dipakai Mabuk

881
ADENNYAR WYCAKSONO/JAWA POS RADAR SEMARANG
ADENNYAR WYCAKSONO/JAWA POS RADAR SEMARANG

RADARSEMARANG.COM – MUDAH membuatnya, sulit merawatnya. Ya, itu yang menjadi problem dalam setiap pembangunan fasilitas publik, termasuk membangun taman. Sebab, kini tak sedikit taman yang sudah dibangun kembali rusak. Salah satunya Taman Bangetayu, Genuk. Banyak paving block yang sudah bergeser dari posisi semula. Selain itu, tempat permainan anak-anak juga tidak tertanam dengan baik di tanah. Kondisi ini dinilai membahayakan ketika digunakan oleh anak-anak.

Ditambah lagi, dari sejumlah tempat sampah yang ada di taman, beberapa pegangan tutup sampah sudah terlepas. Bahkan beberapa tempat sampah sudah tidak terpasang tutupnya. Tutup tempat sampah tergeletak beberapa meter dari lokasi tempat sampah.

Selain fasilitas yang rusak, Taman Bangetayu juga penuh dengan sampah yang menumpuk di sejumlah titik. Seperti di bawah tulisan Taman Bangetayu, di sejumlah tempat duduk, hingga di selokan. Bahkan di arena jogging  juga berserakan sampah berupa daun maupun sampah plastik bekas makanan dan minuman, selain juga ditumbuhi rumput liar.

Lebih buruknya, sejumlah tempat sampah, isinya dibiarkan penuh, sehingga menimbulkan aroma kurang sedap dari sampah organik yang mulai mengalami pembusukan. Kondisi ini diperparah dengan toilet taman yang juga terlihat sangat kotor.

Meskipun demikian, Mulyono, 45, warga Sembungharjo sangat mengapresiasi kehadiran taman yang ada tepat di samping kantor Kelurahan Bangetayu Wetan ini. Ia menilai, adanya taman bisa mengurangi PKL yang biasanya menimbulkan kekumuhan.  ”Sangat bagus. Tapi kok ini malah seperti tak terawat juga,” terang bapak tiga anak ini saat mampir di Taman Bangetayu.

Tidak hanya kebersihan dan sejumlah fasilitas yang mulai rusak, taman ini juga kerap digunakan oleh sejumlah pelajar SMA untuk menenggak minuman keras. Mereka bergerombol di salah satu arena bermain untuk memutar gelas. Parahnya, mereka juga menaikkan sepeda motor mereka ke arena jogging track.