Cetak SDM Berkualitas di Bidang Logistik

307
KENALKAN POTENSI : Tony dalam salah satu kegiatan bersama Komunitas Diaspora Batang. (Dokumen Pribadi)
KENALKAN POTENSI : Tony dalam salah satu kegiatan bersama Komunitas Diaspora Batang. (Dokumen Pribadi)

RADARSEMARANG.COM – Senior advisor di salah satu perusahaan jasa pengiriman ini meyakini bisnis di bidang logistik ke depan masih akan terus berkembang. Oleh karena itu, selama menjabat sebagai Ketua Asperindo Jateng, kerjasama maupun inovasi untuk memajukan sektor ini terus diupayakan.

“Tantangan ke depan diantaranya menyiapkan sumber daya manusia yang cukup kompeten di bidang ini, yang didukung oleh pengembangan teknologi. Hal tersebut guna menggaet pasar yang cukup besar sekaligus meningkatkan kualitas layanan,” ujarnya.

Namun demikian, disadari juga bahwa usaha jasa pengiriman rentan dimanfaatkan untuk hal-hal negatif. Pengiriman narkoba diantaranya. Terkait hal ini, pihaknya menjalin kerjasama dengan BNN yang diiringi peningkatan pengecekan baik oleh tenaga di lapangan maupun menggunakan bantuan teknologi.

“Kami berupaya agar anggota kami tidak kecolongan dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, khususnya terkait masalah narkoba,” ujarnya.

Selain itu, asosiasi ini juga mendorong maskapai penerbangan yang menyediakan jasa kargo untuk membuka rute penerbangan langsung dari Semarang ke Singapura. Rute penerbangan langsung ini memangkas biaya pengiriman. “Kalau harus ke Jakarta dulu pasti tambah biaya dan tambah waktu. Kalau bisa langsung maka akan lebih hemat,” ujarnya. (dna/ric)