Pemkot Magelang Mulai Beralih Arsip Digital

547

RADARSEMARANG.COM, MAGELANG – Pemerintah Kota Magelang mulai melakukan proses transisi penggunaan arsip konvensional ke digital. Tujuannya agar arsip tersebut bisa bertahan lama.

“Yang pasti memudahkan dalam pencarian arsip,” jelas Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito.

Saat ini, Pemkot Magelang sudah memiliki depo arsip yang telah selesai dibangun dengan biaya Rp 6,4 miliar. Sigit berpesan, arsip-arsip yang nantinya disimpan di gedung ini dikelola dengan baik serta terjamin kemanannya. Pasalnya, arsip yang disimpan di masing-masing kantor Organisasi Perangkat Daerah (OPD) memiliki ruang yang terbatas. “Kurang aman, rawan rusak, rawat kebakaran juga,” tuturnya.

Sekretaris Dinas Perpusatakaan dan Kearsipan (Disperpusip) Kota Magelang Triyamto menyebutkan, gedung tersebut akan digunakan untuk menampung dokumen-dokumen penting. “Kami menyiapkan sekitar 11 petugas arsip yang akan mengelola gedung,” ujar Triyamto.

Disperpusip juga berencana akan menghidupkan suasana gedung dengan beberapa kegiatan penunjang. Salah satunya program wisata arsip, bertujuan untuk memasyarakatkan pentingnya menyimpan dan merawat dokumen-dokumen yang memiliki nilai sejarah. (put/ton)