Literasi Permudah Skripsi

350
PELATIHAN : Suasana pelatihan Literasi Informasi dan Pemanfaatan Mendelay yang digelar FEB UM Magelang. (IST)
PELATIHAN : Suasana pelatihan Literasi Informasi dan Pemanfaatan Mendelay yang digelar FEB UM Magelang. (IST)

RADARSEMARANG.COM, MUNGKID — Universitas Muhammadiyah (UM) Magelang terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada mahasiswanya. Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) bekerjasama dengan UPT Perpustakaan memberikan pelatihan bertema ‘Literasi Informasi dan Pemanfaatan Mendeley’.

“Melalui pelatihan ini kita berharap mahasiswa akan semakin mudah menyusun tugas akhirnya,” kata Kepala Perpustakaan UM Magelang Zamzanah Wahyu Widayati SIPust, Jumat (19/1).

Kegiatan pelatihan tersebut bertujuan agar mahasiswa terbiasa menulis karya ilmiah sesuai dengan kaidah yang berlaku. “Selain itu kami juga ingin melatih mahasiswa untuk mematuhi etika penulisan karya ilmiah, sehingga karyanya terhindar dari perilaku plagiat,” tambah Zamzanah.

Pelatihan yang diikuti oleh 160 mahasiswa FEB semester 7 tersebut diadakan di Gedung FEB Kampus 1 UM Magelang. Pelatihan akan dilakukan dalam dua tahapan. Tahap pertama akan membawa materi tentang literasi sementara tahap kedua yaitu pelatihan dan praktik mendeley di laboratorium Teknik Informatika Kampus 2. Mendeley merupakan program software manajemen refensi dan jaringan sosial akademis yang digunakan untuk membantu mengorganisir penelitian secara online dan menemukan publikasi penelitian terakhir.

Materi literasi disampaikan oleh Yunda Sara Sekar A SIP dan Atin Istiarni SIP. Dalam materinya Yunda menyampaikan beberapa metode tujuh langkah dalam literasi tersebut. Ketujuh langkah tersebut yaitu perumusan masalah, identifikasi sumber informasi, akses informasi. Langkah selanjutnya yakni menggunakan informasi, menciptakan karya, evaluasi, dan leason learned. (vie/sct/ton)