Kades – Lurah Deklarasi Netral

742

RADARSEMARANG.COM, UNGARAN – Kepala desa dan lurah se Kabupaten Semarang berjanji akan bersikap netral pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jateng 2018. Komitmen tersebut dideklarasikan melalui dalam sosialisasi pengawasan Pilkada untuk kades dan lurah se Kabupaten Semarang oleh Panwaslu di Hotel Wujil, Jumat (19/1).

Kades Kalongan Yarmuji mengatakan meski di dalam Undang-Undang, Kades dilarang terlibat dalam politik praktis, namun pada kenyataannya selalu ada pihak-pihak yang berupaya untuk menarik.

“Dengan adanya deklarasi ini tentu akan lebih meyakinkan para kades untuk bertahan dari tarik tarikan kontestasi pemilihan,” kata Yarmuji. Pada kesempatan tersebut sebanyak 235 kades dan Lurah se Kabupaten Semarang mendeklarasikan diri siap netral saat Pilgub Jateng yang akan di gelar pada 27 Juni 2018 mendatang.

Deklarasi netralitas kades ini dianggap penting. Hal itu dikarenakan seringkali ada kecenderungan pelibatan atau dilibatkannya kades dalam arus dinamika politik praktis oleh kelompok-kelompok tertentu jelang Pilkada. (ewb/zal)