DOKUMEN PRIBADI
DOKUMEN PRIBADI

RADARSEMARANG.COM, TEMANGGUNG — Rus, 40, warga Pingit, Kecamatan Pringsurat, nekat menyetubuhi anaknya sendiri yang masih di bawah umur. Kini, pria yang sehari-hari bekerja sebagai buruh ini, tengah diperiksa Unit Pelayanan Perempuan dan Anak Polres Temanggung. Kapolres Temanggung AKBP Wiyono Eko Prasetyo melalui Kasubag Humas Polres Temanggung AKP Henny Widiyanti menjelaskan, berdasarkan laporan warga, tersangka melampiaskan nafsu kepada anak kandungnya hingga tiga kali. Akibat perbuatan sang ayah, putri kedua Rus yang masih berusia 13 tahun, saat ini tengah hamil.

AKP Henny melanjutkan, saat melakukan hubungan badan dengan anak kandungnya, tersangka mengaku tak sadarkan diri. Bahkan tersangka berlagak seperti orang gila. “Tersangka sudah kita bawa ke RSJ Prof Dr Soerojo Magelang. Setelah dilakukan pemeriksaan oleh dokter spesialis jiwa, hasilnya negatif (nihil) alias tak ada ganggungan jiwa. Maka proses hukum tetap berlanjut,” ucap Henny saat gelar perkara di Mapolres Temanggung, Kamis (18/1) kemarin.

Tersangka bakal dijerat UU Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. Ancaman hukumannya, penjara minimal lima tahun dan maksimal 15 tahun. Kepada polisi, Rus mengaku nekat menyetubuhi anak kandungnya, karena tak kuat menahan nafsu birahinya. Selama ini, ia ditinggal istrinya yang kerja sebagai asisten rumah tangga di Semarang. “Istri saya kerja di Semarang, pulangnya paling cepat satu bulan sekali, kadang 1,5 bulan bahkan 2 bulan. Tiap pulang, saya ajak berhubungan tidak mau, malah pilih pergi ke rumah orang tuanya.” (san/isk)