Diminta Pertahankan Predikat WTP

325

RADARSEMARANG.COM, DEMAK- Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemkab Demak termasuk pejabat kecamatan diminta bekerja keras melaksanakan program yang telah direncenakan pada 2018 ini. Mereka diharapkan dapat mempertahankan predikat wajar tanpa pengecualian (WTP) terkait sistem pengelolaan keuangan maupun aset yang ada.

Hal ini disampaikan Bupati Demak HM Natsir disela penandatanganan pakta integritas pejabat diruang Bina Praja, kemarin. Menurutnya, pejabat yang menjalankan tugas dan kewajibannya juga berhati hati, termasuk tidak korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN).

“Pakta integritas ini diantaranya untuk mencegah KKN. Hindari pungutan liar (pungli). Sebab, itu semua membuat birokrasi tidak efektif dan efisien,” katanya.

Bupati menambahkan, opini WTP yang diperoleh pada 2017 dapat menjadi pegangan tahun berikutnya dengan menunjukkan kinerja lebih baik.  Sekda Pemkab Demak, dr Singgih Setyono MMR menegaskan, pada 2018 ini lembaran baru dimulai dengan ide baru serta stratego baru.

“Serapan anggaran pada 2017 mencapai 91,36 persen. Capaian maksimal. Sempat raih lebih tinggi 95,7 persen pada 2016,” tandasnya.

Indikator utama kinerja adalah output dan outcome serta angka kemiskinan dan pengangguran turun. “Contoh di bidang kesehatan. Mampu mengurangi orang sakit dengan semakin banyak yang tercover JKN. Angka kematian ibu anak juga turun. Dibidang pariwisata misalnya, orang datang dan pulang bawa oleh oleh. Makin banyak tamu makin banyak uang yang ditinggal di Demak,”ujarnya. (hib/zal)