Kuncinya Rajin Update Tren

Gemitha Prastantianti Putri

195
ISTIMEWA
ISTIMEWA

RADARSEMARANG.COM – PROFESI sebagai Makeup Artist (MUA) belakangan ini semakin diminati. Detail yang rapi serta rajin meng-update tren terbaru menjadi kunci dalam menjaga eksistensi di bidang ini. Seperti yang dilakukan oleh Gemitha Prastantianti Putri.

“Sebelum terjun sebagai MUA, saya lebih dulu menekuni keahlian sebagai penata rambut. Dari situ, saya sering memperhatikan teman yang merias, kemudian tertarik, belajar secara otodidak dan akhirnya terjun ke bidang ini,” ujarnya.

Awal merintis, klien masih sebatas rekan-rekan terdekat. Sejumlah hasil riasan lantas diunggah dalam instagram yang dinamainya Beautymiy. Dua tahun berjalan, klien pun semakin beragam, mulai dari remaja, dewasa hingga artis.

“Hasil-hasil riasan yang di-upload dalam sosial media ini cukup membantu untuk promosi, karena biasanya calon klien ngecek dan membandingkan hasil riasan dengan melihat portofolio kita dari IG,” ujar perempuan yang akrab disapa Mytha ini.

Oleh karena itu, ia sangat memperhatikan detail tiap riasan. Ketepatan torehan alat-alat make up maupun bauran warna yang diaplikasikan pada wajah menjadi kunci. “Pada dasarnya saya sendiri juga akan merasa puas bila melihat hasil riasan yang rapi dan sesuai dengan permintaan klien,” ujar alumnus Komunikasi Undip ini.

Tantangan lain, lanjutnya, menyesuaikan riasan dengan karakter wajah. Menurutnya, keahlian tersebut bisa didapat seiring dengan jam terbang. Oleh karena itu, ia terus mengasah keahliannya, termasuk rajin meng-update tren tata rias.

“Wajah tiap orang pasti berbeda. Kemudian untuk orangtua juga kulitnya tidak seelastis yang muda. Ini semua perlu penanganan yang berbeda. Karena itu, harus mau terus belajar. Sedangkan untuk tren, setidaknya kita tahu, entah nantinya digunakan atau tidak, tergantung permintaan klien dan pastinya tiap MUA punya karakter dan ciri khas masing-masing dalam merias,” ujarnya. (dna/ida)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here