Reading Tracing Optimalkan Penilaian Diri Siswa

303
Oleh: Ninik Pujiastuti SPd
Oleh: Ninik Pujiastuti SPd

RADARSEMARANG.COM – MEMBACA adalah langkah terpenting dalam setiap memulai suatu kegiatan, khususnya belajar. Hal ini dapat dikaitkan dengan kisah Rasulullah SAW ketika mendapatkan wahyu pertamanya. Malaikat jibril yang menemuinya memintanya untuk membaca, bahkan kata “bacalah” diulang selama tiga kali. Karena itu, guru yang bertanggung jawab mencerdaskan kehidupan bangsa tentunya harus mengajarkan dan membiasakan siswa untuk membaca.

Mengajarkan keterampilan membaca ini kerap kali dipandang remeh oleh sebagian guru, tidak terkecuali guru sekolah menengah. Banyak yang berpendapat bahwa siswa sekolah menengah telah mampu untuk membaca dengan baik dan benar. Pendapat inilah yang kemudian membutakan guru dan mengesampingkan keterampilan membaca dalam aktivitas belajar mengajar. Padahal faktanya tanpa membaca dengan baik dan benar, siswa tidak akan mampu memulai dan menyelesaikan instruksi yang diberikan oleh guru. Karena itu, mengajarkan dan membiasakan siswa untuk membaca dengan baik merupakan salah satu tugas guru, tidak terkecuali guru mata pelajaran bahasa.

Ada berbagai macam cara yang dapat dilakukan oleh guru untuk mengajarkan dan membiasakan siswa untuk membaca, salah satunya adalah dengan reading tracing. Yakni,  salah satu upaya untuk mengetahui kemampuan membaca siswa, dan dapat digunakan untuk melihat perkembangan membaca siswa. Reading tracing ini juga dapat digunakan untuk mengoptimalkan penilaian diri siswa. Penialaian diri merupakan salah satu jenis penilaian otentik yang ditekankan oleh Kurikulum 2013.

Pelaksanaan reading tracing dimulai dengan mempersiapkan bacaan yang akan digunakan pada pertemuan belajar-mengajar dengan siswa. Bacaan ini diharapkan sesuai dengan materi pembelajaran pada saat itu. Hal ini dimaksdkan agar guru dan siswa tidak kehilangan fokus materi pada pertemuan tersebut. Setelah guru mempersiapkan bacaan yang akan digunakan, guru mempersiapkan alat bantu hitung waktu. Alat bantu ini digunakan utntuk membatasi waktu membaca siswa.