Latih Siswa Berdemokrasi

497
BELAJAR DEMOKRASI : Pelaksanaan Pilketos SMK Citra Medika Kota Magelang. (IST)
BELAJAR DEMOKRASI : Pelaksanaan Pilketos SMK Citra Medika Kota Magelang. (IST)

RADARSEMARANG.COM, MAGELANG – SMK Citra Medika Kota Magelang melangsungkan Pemilihan Ketua OSIS (Pilketos) 2018, Sabtu (13/1). Para siswa menggunakan hak pilihnya layaknya pemilihan umum. Siswa bisa memilih ketua OSIS dengan cara mencoblos salah satu foto kandidat yang berjumlah 3 orang.

Pencoblosan dilakukan di belakang bilik suara yang dipinjam dari KPU Kota Magelang. Usai mencoblos, kartu suara tersebut dimasukkan ke dalam kotak suara. Selain itu juga digelar debat kandidat sebelum Pilketos dimulai.

“Ini adalah kali keduanya Pilketos turut mengundang anggota KPU Kota Magelang,” kata Pembina OSIS, Sri Haryani. KPU Kota Magelang diundang untuk menyampaikan pelajaran tentang “Stop Politik Uang” dan mengajarkan pada calon ketua OSIS untuk bermain jujur dalam Pilketos.

Menurutnya, Pilketos melatih anak berdemokrasi yang baik. Envina, siswa kelas X Kompetensi Keperawatan I akhirnya terpilih menjadi Ketua OSIS.

Menurut Haryani, Ketua OSIS dari kaum perempuan menunjukkan bahwa perempuan juga dinilai memiliki kemampuan untuk memimpin sebuah organisasi sekolah. Perempuan juga memiliki pemikiran-pemikiran kreatif, dan bisa melakukan pendekatan dengan mengandalkan sisi kelembutannya.(put/ton)