Bacawagub Gus Yasin Ajak Pengguna Medsos Bijak

285

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Bakal Calon Wakil Gubernur (Bacawagub) Jateng, Taj Yasin atau Gus Yasin mengajak para pengguna media sosial (medsos) untuk bijak dalam mengunggah atau menanggapi kabar yang beredar. Terutama saat Pigub dan Pilkada yang digelar tahun ini.

Dia khawatir, ada sejumlah kelompok yang memanfaatkan momen tahun politik untuk menebar kebencian. Apalagi, masih banyak orang yang percaya begitu saja dengan kabar yang disebar melalaui medsos, tanpa ada sumber dan kebenaran yang jelas.

“Kami ingin mengajak kawan-kawan pengguna medsos untuk menggunakan medsos dengan baik. Terutama di tahun pemilu seperti sekarang. Pasti nanti ada berita hoax, cacian, dan black campign yang akan terus muncul,” ucapnya, Minggu (14/1).

Karena itu, putra ulama kondang, KH Maimoen Zubair ini berharap, para pengguna medsos bisa lebih teliti. Bisa membedakan konten yang bisa merugikan negara. Memecah belah kesatuan, apalagi dengan dalih agama. “Sebisa mungkin tidak menyebabkan itu,” harapnya.

Jika tidak ada kecocokan dengan salah satu pasangan calon (paslon) entah paslon gubernur, wali kota, atau bupati, bisa disampaikan dengan arif. Banyak cara untuk mengkritisi rencana program yang akan dijalankan. Tidak harus lewat cacian untuk kemudian disebarkan lewat medsos.

“Sampaikan dengan bijak. Jangan sampai menimbulkan kebencian,” tegas pasangan petahana Ganjar Pranowo pada Pilgub Jateng 2018 ini.

Ganjar menambahkan, dalam kontestasi Pilkada, selalu ada golongan yang suka dan tidak suka. “Hal-hal tersebut harus dikelola dengan betul agar tidak menyakiti orang lain dan pesan itu menurut saya pesan kebangsaan yang luar biasa dalam kontestasi demokrasi yang liberal seperti ini,” ujarnya.

Saat melakukan kampanye mendatang, pasangan Ganjar-Yasin akan mengedepankan kompetisi politik yang berbasis program dan berbasis respon berdasarkan aspirasi masyarakat. “Kami mengkonfirmasi beberapa hal tadi, kalau ada fitnah atau hoaks harus dilawan dengan mengikuti cara-cara berdemokrasi yang baik,” tandasnya. (amh/zal)