RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – PT KAI Daop 4 Semarang akan mengoperasikan kereta api (KA) Tawang Jaya Premium Tambahan jurusan Tawang-Pasar Senen mulai Senin (15/1) sampai Minggu (21/1) mendatang. Kebijakan tersebut dalam rangka menyikapi tingginya permintaan penumpang kereta api (KA) Semarang-Jakarta.

Manager Humas PT KAI Daop 4 Semarang, Suprapto mengatakan bahwa rangkaian KA Tawang Jaya Premium tersebut menggunakan kereta ekonomi premium yang tiap 1 gerbong kereta dengan kapasitas 80 tempat duduk. “Kapasitas KA Tawang Jaya Premium Tambahan ini mampu mengangkut sebanyak 640 penumpang setiap jalannya. Kami harap bisa mengakomodasi lonjakan penumpang,” jelasnya, Sabtu siang (13/1) kemarin.

Menurutnya, KA Tawang Jaya Premium dilengkapi berbagai fasilitas meliputi tempat duduk yang nyaman, interior baru, charger handphone ataupun laptop, televisi hingga sistem keamanan berupa CCTV. Untuk tarif, KA tersebut dibanderol cukup murah mulai dari Rp 180 ribu sampai Rp 240 ribu.

“Tekait jadwal, setiap harinya KA Ini akan berangkat dari Tawang pukul 20.20 dan tiba di Stasiun Pasar Senen pukul 03.05. Sebaliknya dari Jakarta berangkat dari Stasiun Pasar Senen pukul 06.55, dan tiba di Stasiun Semarang Tawang pukul 13.35,” paparnya.

Suprapto menjelaskan bahwa pertumbuhan jumlah penumpang di wilayah PT KAI Daop 4 Semarang terus menunjukkan trend positif dari tahun ke tahun. Tercatat tahun 2017 lalu, jumlah penumpang yang naik mencapai 5.808.033 orang atau naik sebesar 15 persen dibandingkan tahun 2016 yang mencapai angka 5.395.516 orang.

“Diharapkan kehadiran KA Tawang Jaya Premium tambahan ini, selain mempelancar mobilitas warga Semarang dan Jakarta, juga bisa meningkatkan kunjungan wisatawan ke wilayah Jawa Tengah yang sedang menggalakkan program promosi wisata Jateng Wow 2018,” pungkasnya. (den/ida)